Belasan Desain Taman Flyover Bersaing di Sayembara Disperakimtan

:


Oleh MC Kota Batam, Kamis, 5 Oktober 2017 | 11:24 WIB - Redaktur: Tobari - 288


Batam, InfoPublik - Sedikitnya 15 desain telah masuk ke meja panitia Sayembara Desain Taman di empat simpang jembatan layang (flyover) Laluan Madani Batam.

Panitia sayembara dari Dinas Perumahan Rakyat, Pemukiman, dan Pertamanan (Disperakimtan) Kota Batam Kholidin mengatakan, peserta berasal dari Batam dan luar daerah seperti Yogyakarta.

"Saat ini masih dalam tahap evaluasi administrasi. Tujuh peserta sudah melengkapi dokumen dan sedang diverifikasi panitia," kata Kholidin, Selasa (3/10).

Selanjutnya desain akan melalui tahap penilaian dewan juri dari Lembaga Adat Melayu, Ikatan Arsitek Indonesia, dan beberapa juri tamu lainnya. Penilaian guna memastikan keaslian karya yang diikutsertakan dalam sayembara.

Desain pemenang nanti yang akan digunakan dalam penataan taman di empat persimpangan Laluan Madani. Adapun pembangunannya nanti masih menunggu instruksi Walikota Batam, apakah menggunakan anggaran daerah atau tanggungjawab sosial perusahaan (CSR).

"Kemarin memang sudah ada yang berminat memanfaatkan CSR mereka untuk pembangunan taman, ada beberapa perusahaan, kita tunggu dari pimpinan dulu," kata dia.

Desain pemenang dijadwalkan sudah ada pada akhir Oktober mendatang. Dan hasilnya akan diumumkan ke publik. Adapun hadiah yang diperebutkan yaitu Rp 23 juta untuk juara I, Rp 16 juta juara II, dan Rp 11 juta juara III.

Sebelumnya, Kepala Disperakimtan Herman Rozie mengatakan sayembara ini digelar dengan maksud menjaring keterlibatan masyarakat dalam perencanaan pembangunan kota. Sayembara terbuka bagi masyarakat umum baik perorangan, kelompok, perusahaan, maupun profesional.

Tema yang diangkat yaitu desain futuristik namun tidak meninggalkan kearifan lokal. Itulah sebabnya dalam penjurian melibatkan Lembaga Adat Melayu setempat. (MC Batam Kartika/toeb)