Tanam Padi Serentak Siap Dimulai Di Desa Kuala Mandor B

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 4 Oktober 2017 | 10:52 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 958


Sungai Raya, InfoPublik - Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, mencanangkan Gerakan Tanam Padi Serentak dalam upaya percepatan tanam untuk menyukseskan swasembada pangan di daerah itu.

Program Tanam Padi Serentak yang merupakan inisiatif dari Bupati Kubu Raya Rusman Ali tersebut, pada tahun 2017 ini, pencanangannya dimulai di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B Kabupaten Kubu Raya, Selasa (3/10).

Rusman Ali, Bupati Kubu Raya melalui Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kubu Raya menegaskan bahwa Pemerintah Kubu Raya terus meningkatkan produktifitas pertanian di Kubu Raya. Hal itu mulai dari perluasan tanam, peningkatan produksi, penyediaan fasilitas pertanian hingga pembangunan Jalan Usaha Tani di areal pertanian.

Hal tersebut dilakukan guna meningkatkan hasil pertanian di Kabupaten Kubu Raya dalam memenuhi kebutuhan pangan masyarakat Kubu Raya.

"Selain itu untuk memotivasi dan menggerakkan petani untuk menanam padi sebanyak-banyaknya," kata Kepala Dinas Pertanian Kubu Raya Gandhi Satyagraha mewakili Bupati Kubu Raya Rusman Ali, saat Gerakan Tanam Serentak di Desa Kuala Mandor B, Kecamatan Kuala Mandor B.

Pencanangan Gerakan Tanam Padi Serentak di Kabupaten Kubu Raya pada tahun 2017 seluas 54 ribu Ha, di Kecamatan Kuala Mandor B, seluas 2200 Ha.

Sedangkan kegiatan tanam serentak yang dilakukan di Desa Kuala mandor B adalah seluas 405 Ha, di Dusun Pelita Jaya RT10, RW 02 Desa Kuala Mandor B. 

Dikatakan Gandhi bahwa gerakan tanam serentak tersebut dapat merangsang minat masyarakat untuk mengembangkan pertanian tanaman padi dilahan-lahan yang tersedia dimasing-masing wilayah, dengan berkoordinasi dan minta pendampingan kepada PLL di Lapangan.

"Dengan pencanangan itu, petani tidak hanya menanti tapi sudah tergerak. Tentu ini akan didorong oleh Dinas Pertanian dan kerjasama dengan TNI," ujarnya.

Ia menyebutkan tanam padi serentak akan membuat ketahanan produksi akan semakin baik, suplai produksi akan selalu ada dan serangan hama bisa ditekan.

Sementara itu, Camat Kecamatan Kuala Mandor B Yansen Sibarani, menyambut baik program Pemerintah Kubu Raya yakni program Gerakan Tanam Serentak yang mulai dicanangkan sejak tahun 2017 ini.

Menurutnya langkah-langkah tersebut sangat baik dan sangat menguntungkan petani. Sebab dengan tanam serentak, serangan hama dapat ditekan dan kebutuhan lain juga lebih mudah seperti pendampingan dari PPL, Suplai Pupuk, Benih dan alat-alat pertanian lainnya (ird/MC Kubu Raya/Eyv)