DPRD Riau Kunjungi Dinsos DKI, Belajar Cara Mengatasi Persoalan PMKS

:


Oleh G. Suranto, Selasa, 3 Oktober 2017 | 21:18 WIB - Redaktur: Juli - 1K


Jakarta, InfoPublik – Dinas Sosial DKI Jakarta menerima kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Riau, dalam rangka bertukar informasi terkait permasalahan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau Aherson mengatakan, permasalahan di Provinsi Riau memang tidak sebanyak permasalahan di DKI Jakarta.

“Maka dari itu, kami perlu belajar dengan DKI Jakarta karena memiliki permasalahan yang lebih besar. Kami ingin observasi, diskusi dan sharing informasi,” kata Aherson pada saat kunjungan tersebut di Jakarta, Selasa (3/10).

Pihaknya ingin mencari tahu bagaimana DKI Jakarta sebagai ibu kota negara ini menyelesaikan permasalahan itu. Pihaknya juga ingin mendapat masukan agar Provinsi Riau dapat lebih baik.

Sementara itu, Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial DKI Jakarta Chaidir menyampaikan, daya tarik Jakarta sangat luar biasa bagi warga daerah. Ini membuat mereka berbondong-bondong datang ke Jakarta.

“Bagi mereka yang memiliki keterampilan yang dibutuhkan, mungkin bisa sukses di Jakarta. Tapi bagi mereka yang tidak punya keterampilan akan menjadi PMKS jalanan,” ungkapnya.

Disebutkan, PMKS jalanan itu akan dijangkau oleh Petugas Pelayanan Pengawasan Pengendalian Sosial (P3S) yang ada di lima wilayah kota. Karena petugas itu melakukan pengawasan siang dan malam di titik rawan PMKS jalanan.

Bagi PMKS yang terkena penjangkauan jalanan, katanya, akan dibawa ke panti pemberhentian sementara untuk dilakukan asesmen sebelum dibawa ke panti rujukan. “Di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya, PMKS jalanan itu akan di data. Jika memiliki keluarga akan dikembalikan, tapi jika tidak akan dibawa ke panti rujukan sesuai kategori PMKS,” paparnya.

Saat ini Dinas Sosial DKI Jakarta memiliki 22 panti sesuai kategori PMKS. Ada kategori anak, remaja, lansia, disabilitas, hingga wanita tuna susila.