Pelatihan Peningkatan Kemampuan Satgas BPBD Hadapi Situasi Darurat

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Selasa, 3 Oktober 2017 | 16:39 WIB - Redaktur: Tobari - 751


 Pematangisantar, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pematangisantar menggelar pelatihan keterampilan satuan tugas, untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam menghadapi situasi darurat akibat bencana, di Simalungun room Siantar hotel, Selasa (3/10).

Plt Sekda Drs Resman Panjaitan saat membuka kegiatan pelatihan mengatakan, bencana merupakan kejadian yang tidak diinginkan, maka untuk itu perlu diwaspadai, karena bencana selalu terjadi tiba-tiba dan tidak dapat diduga.

"Menyikapi hal tersebut Pemko melalui BPBD terus mengupayakan peningkatan kemampuan satgas dalam meminimalisir segala dampak yang terjadi akibat bencana,” katanya.

Menurut plt Sekda, pelatihan ini merupakan salah satu wadah untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta bekerjasama dalam tim untuk penanggulangan situasi darurat saat bencana terjadi, dan pelatihan satgas diharapkan mampu menciptakan satgas yang tangkas, tanggap dan tangguh.

"Kepada seluruh peserta, diharapkan agar serius dan semangat mengikuti pelatihan sehingga pengetahuan yang diperoleh dapat menjadi penunjang kelancaran pencegahan dan kesiapsiagaan pra bencana, tanggap bencana dan pasca bencana,” ungkapnya.

Diakhir sambutannya, Plt Sekda mengharapkan kepada kepala pelaksana BPBD untuk terus melakukan sosialisasi dan pemberdayaan lingkungan kepada masyarakat sehingga memiliki tanggung jawab dalam hal penanggulangan bencana.

Sesuai dengan permendagri Nomor 46 Tahun 2008 tentang Pedoman Organisasi dan Tata Kerja Badan Penanggulangan Bencana Daerah (Pasal 3 ayat 2) bahwa BPBD Provinsi dan BPBD Kabupaten/Kota dipimpin Kepala Badan secara Ex-Officio dijabat oleh Sekretaris Daerah.

Sebelumnya, Kalak BPBD melalui Kabid kesiapsiagaan bencana Amar H Daulay melaporkan, peserta pelatihan diikuti sebanyak 15 orang berasal dari personil satgas, yang dilatih oleh instruktur Bripka Erwin Yulianto (Batih Subden 2/B) dan Bripka Iskandar Z Panjaitan (Batih Subden 2/B).

Pelatihan dijadwalkan akan berlangsung selama 5 hari dari tanggal 3 s/d 7 Oktober 2017. Tampak hadir Kepala pelaksana BPBD Drs Daniel H Siregar, Wadanki Brimob Subden 2B Poldasu yang bermarkas di kota Pematangsiantar Iptu Fahri, para pejabat dilingkungan BPBD. (humas C1/S2/toeb).