Musik Tradisional SMP Negeri 1 Tilongkabila Raih Terbaik Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Selasa, 3 Oktober 2017 | 06:46 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 1K


Bone Bolango, Infopublik – Kreativitas musik tradisional yang disajikan dan ditampilkan oleh pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 1 Tilongkabila pada Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) kembali meraih terbaik nasional untuk yang kedua kalinya.

Kegiatan FLS2N tingkat nasional tahun 2017 yang diikuti perwakilan 34 provinsi tersebut digelar sejak tanggal 24-30 September 2017 di Hotel Mercure Kota Surabaya.

Kepala SMP Negeri 1 Tilongkabila, Djamila Ahmad mengatakan keberhasilan ini berkat dukungan dari jajaran Pemda Bone Bolango, para guru, orang tua siswa,  serta kesungguhan dari siswa khususnya para peserta.

”Atas prestasi tersebut, Alhamdulillah para peserta mendapatkan piala, piagam penghargaan dan bonus sebesar Rp15 juta untuk pembinaan,” katanya, Senin (2/10).

Menurutnya, pelaksanaan FLS2N tingkat nasional tahun 2017 ini memang cukup berat, karena setiap musik tradisional yang ditampilkan oleh masing-masing perwakilan provinsi itu dengan berbagai kelebihannya.

“Alhamdulillah musik tradisional yang ditampil oleh siswa-siswi SMP 1 Negeri Tilongkabila mampu menyisihkan para peserta lainnya yang berasal dari berbagai provinsi,” ucap Djamila Ahmad.

Secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Bone Bolango, Marni Nisabu mengungkapkan dengan adanya kegiatan FLS2N tingkat nasional, ini dapat mengembangkan penguatan pendidikan karakter dibidang seni budaya melalui kreativitas siswa, menciptakan suasana kompetitif yang sehat antar siswa, antar sekolah dan antar provinsi, sehingga tercipta rasa Bhinneka Tunggal Ika.

Marni menambahkan kegiatan FLS2N ini berorientasi pada pengalaman belajar dan tidak dapat dipungkiri bahwa kegiatan ini ada aktivitas kompetisi dan unjuk kemampuan terutama dalam hal olah pikir, olah hati, dan olahrasa.

“Semua itu telah ditunjukkan oleh para siswa peserta FLS2N SMP Negeri 1 Tilongkabila selama mengikuti kegiatan tersebut,” jelas Marni Nisabu.

Untuk itu, sebagai tindaklanjut dari prestasi FLS2N yang diraih oleh SMP Negeri 1 Tilongkabila ini, pihaknya berharap agar setiap sekolah yang ada di Bone Bolango harus ada kegiatan yang menjadi unggulan dari setiap sekolah yang ada di daerah ini. Sehingga program pendidikan di Kabupaten Bone Bolango semakin cemerlang.

“Sebagai apresiasi dari Pemda Bone Bolango, Insya Allah para pelajar yang meraih terbaik nasional pada FLS2N dari SMP Negeri 1 Tilongkabila ini nantinya akan menampilan musik tradisional di Jepang pada bulan April 2018 mendatang,” tuturnya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)