BP Batam Bangun Wisata Budaya di Tanjungpinggir

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 2 Oktober 2017 | 19:16 WIB - Redaktur: Tobari - 259


Batam, InfoPublik - Salah satu pematung terbaik Indonesia, I Nyoman Nuarta, sudah menyetujui keinginan Badan Pengusahaan (BP) Batam untuk membangun patung garuda di Tanjungpinggir.

BP Batam merencanakan untuk membangun kawasan Tanjungpinggir sebagai ikon baru wisata budaya di Batam.

“I Nyoman Nuarta yang buat patung Garuda Wisnu Kencana di Bali. Ia sudah kami undang untuk membantu pembangunan Tanjungpinggir,” ujar Deputi IV BP Batam, Robert Purba Sianipar, Sabtu (30/9).

Batam, kata Robert, sangat memerlukan pusat wisata budaya. Karena Indonesia kaya akan budaya sehingga Batam perlu merepresentasikannya. Di Singapura saja sudah ada, maka kita juga memerlukannya.

Persoalan yang harus dibenani saat ini untuk membangun Tanjungpinggir adalah persoalan lahan. Sebagian besar lahan di sana masih dimiliki Persero Batam.

“Persero juga dulu berupaya untuk mengembangkan Tanjungpinggir dengan perbankan, tapi gagal 10 tahun lalu. Makanya untuk kembangkan wilayah tersebut, kami harus amankan lahannya,” tambahnya.

Lahan yang akan dibangun oleh BP Batam di Tanjungpinggir dimulai dari lahan sebelah resort KTM hingga dekat lapangan golf. “Pembangunannya akan dilakukan bertahap selama tiga tahun dan pengoperasiannya akan dikerjasamakan dengan swasta,” kata Robert. (BP/toeb)