Imunisasi MR Di Sleman Capai 96,2 Persen

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Senin, 2 Oktober 2017 | 10:01 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 297


Sleman, InfoPublik - Masa kampanye kegiatan Imunisasi Measles and Rubella (MR) di Kabupaten Sleman telah ditutup. Pelaksanaan akhir Imunisasi MR dihadiri oleh Ketua TP PKK Kabupaten Sleman, Ibu Kustini Sri Purnomo, Jumat (29/9), di Pos Posyandu Dusun Dinginan, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman.

Kustini menyampaikan terimakasih kepada semua pihak yang turut menyukseskan kampanye Imunisasi MR di Kabupaten Sleman. Menurutnya berkat peran serta semua pihak, pelaksanaan imunisasi di Kabupaten Sleman telah mencakup 96,2% dari jumlah sasaran. Dengan pelaksanaan akhir tersebut, lanjutnya, diharapkan dapat mencapai target 100%.

“Apabila cakupannya lebih dari 95% saja maka kekebalan kelompok akan terbentuk. Apalagi kalau 100%, maka nanti Insya Allah warga Sleman sehat semua,” ungkapnya. 

Lebih lanjut ia menyampaikan apresiasinya terhadap warga Kabupaten Sleman yang telah memunyai kesadaran terhadap pentingnya Imunisasi MR tersebut. “Dulu Imunisasi MR ini mahal, mencapai satu juta. Untuk itu, adanya program ini, dan hasilnya hampir mencapai 100%, ini menunjukkan kesadaran bapak ibu semua,” jelas Kustini.

Turut hadir pula pada acara tersebut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sleman, Nurulhayah. Ia menyampaikan bahwa kampanye Imunisasi MR dimulai sejak bulan Agustus dan berakhir pada tanggal 30 September 2017. Namun secara simbolis kampanye Imunisasi MR di Kabupaten Sleman ditutup pada hari Jumat tanggal 29 September 2017.

“Kampanye MR hanya dilakukan pada tahun 2017 ini, pada bulan Agustus dan September. Harapannya sudah mencapai target 100% anak usia sembilan bulan sampai 15 tahun telah mendapat Imunisasi MR,” imbuhnya.

Menurutnya setelah masa kampanye ini, Imunisasi MR tersebut akan terus dilanjutkan dengan cakupan anak usia 9 bulan, 19 bulan dan anak kelas 1 SD. “Ini kalo ada balita yang sudah diimunisasi, mohon nanti ketika sudah kelas 1 SD diimunisasi lagi melalui sekolahan. Imunisasi ini sangat penting untuk daya tahan tubuh anak,” tegas Nurulhayah.

Sebelumnya, kampanye pemberian Imunisasi MR telah dilaksanakan pada bulan Agustus 2017 secara serentak pada siswa PAUD/TK/RA, SD/MI/sederajat, SMP/MTs sederajat dilaksanakan di lingkungan sekolahan. Sedangkan pada bulan September, kampanye Imunisasi MR secara serentak diberikan kepada seluruh balita mulai sembilan bulan dan anak usia sekolah namun tidak bersekolah (drop out), dilaksanakan di masing-masing Posyandu.(MC.Kab.Sleman/Eyv)