250 Penari Kolosal Pukau Para Tamu Di Pembukaan TTG Tingkat Nasional

:


Oleh MC Kabupaten Parigi Moutong, Jumat, 29 September 2017 | 11:19 WIB - Redaktur: Tobari - 214


Parigi Moutong, InfoPublik - Sebanyak  250 penari kolosal yang terdiri dari siswa dan siswi  sekolah se Kabupaten Parigi Moutong turut meramaikan pembukaan gelaran Teknologi Tepat Guna ( TTG ) ke-19, yang berpusat di Pantai Indah Kayu Bura Kabupaten Parigi Moutong, Rabu (27/9).

Menteri Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi  Eko Putro Sandjojo, BSEE., M.BA. membuka secara resmi Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) ke-19 tersebut.

Dalam sambutannya, ia mengatakan sebagaimana kita ketahui bersama Indonesia mempunyai sumber  potensi alam yang sangat berlimpah, namun belum mampu dikelola secara optimal, ramah lingkungan, dan berkelanjutan oleh masyarakat terutama masyarakat yang berada di pedesaan .

Salah satu faktor penyebabya adalah kurangnya keterampilan kemampuan masyarakat dalam memngelola sumber daya tersebut dengan sentuhan teknologi tepat guna.

“Dan TTG merupakan salahsatu cara yang ampuh untuk mendorong percepatan mewujudkan kemandirian masyarakat, yang diharapkan intervensi atau sentuhan dari TTG mampu meningkatkan kualitas hasil produksinya yang tentunya dipastikan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat,’’ungkapnya.

TTG tidaklah  harus selalu alat peralatan atau  mesin, tapi juga dapat berupa teknologi proses atau produk yang dapat menghasilkan nilai tambah dari aspek ekonomi maupun aspek lingkungan .

Penyelenggaran TTG Tingkat Nasional yang dilaksanakan kali ini, disebutnya, merupakan kegiatan strategis penting karena iven ini menjadi tempat para investor, kreator dan inovator teknologi dari berbagai penjuru tanah air untuk dapat mempromosikan dan memasyarakatkan hasil temuannya.

Sehingga masyarakat luas dapat melihat secara langsung  jenis-jenis teknologi  tepat guna dan hasil produknya yang mungkin dibutuhkan oleh para pelaku usaha mikro kecil dan menengah yang begitu banyak yang ada di setiap desa , kelurahan.

“Agar mampu berdaya saing dan dapat meningkatkan kualitas hasil produksinya, apalagi bangsa kita saat ini sudah dihadapkan dengan persaingan global masyarakat ekonomi ASEAN. Jangan sampai masyarakat kita hanya menjadi konsumen, tapi bukan menjadi produsen.’’katanya.

Dan yang menjadi tantangan kita yaitu bagaimana pelaku usaha mengubah keunggulan komperatif menjadi keunggulan kompetitif.

Oleh karenanya momen TTG yang diselenggarakan kali ini menjadi penting dan dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin sebagai salah satu cara untuk memperkenalkan prodak jenis teknologi tepat guna secara visual.

“Disamping dapat dijadikan sebagai ajang promosi sarana untuk saling tukar menukar informasi  dengan TTG bagi peningkatan ekonomi masyarakat,” tuturnya.

Dalam pembukaan gelar TTG ke-19 ini, dihadiri pula oleh Gubernur Sulawesi Tengah Drs. H Longki Djanggola, M.Si .

Gubernur Djanggola mengatakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah bersama Pemerintah Kota Palu dan Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong, berterimah kasih kepada Kementerian Desa  Pembangunan Daerah Tertinggal  dan Transmigrasi  RI yang telah memberikan kepercayaan kepada Pemda Provinsi Sulawesi Tengah khususnya Pemda Parigi Moutong sebagai tuan rumah dalam penyelanggaraan Teknologi Tepat Guna tahun ini. (MC Parigi Moutong/Nr/toeb)