Baksos Kesehatan TNI, Wujud Kepedulian Kepada masyarakat

:


Oleh Yudi Rahmat, Jumat, 29 September 2017 | 07:53 WIB - Redaktur: Juli - 324


Banten, InfoPublik -  Dalam memperingati HUT TNI ke72 sejumlah kegiatan terus bergulir, di antaranya Bakti Sosial (baksos) Kesehatan yang dilakukan TNI bekerja sama dengan Kementerian Kesehatan di Dermaga Indah Kiat Merak, Cilegon Banten, Jawa Barat, Kamis (28/9).

"Kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang dilaksanakan oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI) merupakan wujud dari bentuk kepedulian TNI kepada masyarakat Indonesia, sesuai dengan tema HUT ke-72 TNI Tahun 2017 Bersama Rakyat TNI Kuat," kata Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat membuka Baksos Kesehatan TNI bersama Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F. Moeloek.

Gatot mengatakan, sebelum dilaksanakan Bakti Sosial Kesehatan di Cilegon-Banten, KRI dr. Soeharso-990 telah berkeliling ke pulau-pulau terluar dan daerah terpencil yang sulit terjangkau untuk melakukan pengobatan secara gratis kepada masyarakat sekitar.  

“Disamping pengobatan, Baksos TNI ini juga membagikan paket sembako dan menyelenggarakan pasar murah untuk masyarakat,” ucapnya.

Menurutnya, kegiatan Bakti Sosial Kesehatan yang dilaksanakan oleh TNI adalah untuk memperkokoh Kemanunggalan TNI  dengan rakyat, karena TNI lahir dari rakyat dan rakyat adalah ibu kandung TNI.

“Bersama rakyat TNI kuat, maka rakyat yang kuat harus sehat, inilah yang dilakukan oleh prajurit-prajurit TNI,” katanya.

Gatot menjelaskan bahwa puncak kegiatan bakti sosial dalam rangka peringatan HUTke-72 TNI tahun 2017 bekerja sama dengan Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE), dengan melaksanakan deteksi dini untuk mewujudkan wanita Indonesia agar bebas dari kanker serviks dan payudara.

“Selain dengan OASE, Bakti Sosial Kesehatan TNI juga bekerja sama dengan pihak-pihak terkait yang konsern dengan kesehatan masyarakat,” ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan tersebut sudah kita lakukan sejak Juli di Natuna dan Kepulauan Anambas, berupa  pemberian 500 kursi roda dan 720 alat bantu serta pengobatan kepada 3.521 pasien secara gratis. 

“Saya mengucapkan terima kasih atas kerja sama dengan Kemenkes RI, Dharma Pertiwi dan OASE Kabinet Kerja, Yayasan Kanker Payudara Indonesia, Pemda Provinsi Banten yang telah bekerja sama dengan TNI dan mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan bakti sosial,” tuturnya.

Gatot mengatakan bahwa HUT TNI yang dilakukan di Pantai Indah Kiat-Cilegon Banten bertujuan untuk memberikan laporan kepada Presiden RI serta seluruh rakyat Indonesia sebagai pemilik TNI. 

“Melalui atraksi Latihan Tempur Gabungan Tiga Matra (AD, AL, AU) akan diketahui penggunaan  Alat Utama Sistem Senjata (Alutsista) yang dimiliki TNI, nanti kita bisa saksikan,” katanya.

Menurutnya, Seperti dua tahun yang lalu, kembali dipilihnya Pantai Indah Kiat Cilegon Banten sebagai tempat pelaksanaan HUT ke-72 TNI 2017, karena Banten tempat yang bisa melaksanakan demonstrasi tiga matra (darat, laut, dan udara),” pungkas Panglima TNI.