Kemenpora: Mahasiswa Harus Miliki Pengetahuan Enterpreneurs

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Jumat, 29 September 2017 | 06:56 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 233


Surabaya Infopublik - Mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan entrepreneur agar mampu mengembangkan ekonomi kreatif dan menjadi pemenang pada persaingan dan kompetisi global di masa depan.

Hal ini disampaikan Deputi II Pengembangan Pemuda Kemenpora Jonni Mardizal, dalam seminar Penumbuhan Minat Wirausaha Pemuda dengan tema Youth Preneurs di Universitas Surabaya, Kamis (28/9).

"Bekal pengetahuan di bidang ekonomi kreatif satu di antaranya adalah enterpreneurship juga dibutuhkan saat ini oleh mahasiswa agar memenangkan persaingan global di masa depan. Ini penting diberikan agar mahasiswa punya bekal tambahan," kata Jonni Mardizal di depan ratusan peserta.

Ia menambahkan, seiring dengan makin berkembang dan makin pesatnya dunia ekonomi kreatif diberbagai bidang yang juga mulai terus berkembang di Indonesia. "Kalau tidak sejak awal para mahasiswa diberikan bekal pengetahuan enterpreneurship, kapan lagi," lanjut Jonni.

Karena hingga saat ini pemerintah, kata Jonni memberikan fasilitas pelatihan kepada generasi muda Indonesia khususnya mereka diusia 16 tahun hingga 30 tahun untuk memperoleh pengetahuan serta keterampilan ekonomi kreatif secara cuma-cuma.

Sementara itu, Kepala Bidang Penelusuran dan Pemetaan Potensi Kewirausahaan Pemuda Kemenpora, Sutrija mengatakan tujuan seminar ini adalah menciptakan lapangan kerja, dan mendorong penumbuhan minat bagi kalangan pemuda dan mahasiswa untuk jadi pengusaha.

“Kegiatan ini untuk mensosialisasikan konsep kewirausahaan pemuda dalam rangka mengubah pola pikir pemuda terdidik dari mencari kerja menjadi pencipta lapangan kerja," ujarnya.

Seminar kewirausahaan pemuda tersebut diikuti sekitar 500 peserta berusia 16 sampai 30 tahun yang berasal dari unsur mahasiswa, organisasi kepemudaan, karang taruna dan unsur lainnya.

Seminar penumbuhan minat wirausaha muda di kalangan pemuda itu mengambil tema "Youth Preneurs" dan kegiatannya meliputi workshop dan diskusi panel dengan narasumber yang kompeten di bidang kewirausahaan. (MC Diskominfo Prov JAtim/non-mad)