Berupaya Bandara Trunojoyo Sebagai Embarkasi Jemaah Haji

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Kamis, 28 September 2017 | 16:31 WIB - Redaktur: Tobari - 241


Sumenep, InfoPublik -  Pemerintah Kabupaten Sumenep berkeinginan meningkatkan fungsi Bandarra Trunojoyo tidak hanya sekedar menjadi penerbangan komersial semata, namun berupaya supaya Bandara Trunojoyo bisa menjadi bandara pemberangkatan dan pemulangan jemaah calon haji.

Bupati Sumenep Dr. KH. A. Busyro Karim, M.Si mengatakan, pihaknya berusaha agar Bandara Trunojoyo bisa menjadi bandara pemberangkatan jemaah haji Kabupaten Sumenep, sehingga jemaah haji Sumenep tidak perlu lagi berangkat dari Bandara Internasional Juanda Surabaya.

Untuk mengembangkan Bandar Trunojoyo sebagai bandara pemberangkatan haji, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan pihak terkait, supaya keinginan itu bisa terwujud di masa mendatang.

“Kami sudah berkomunikasi dengan pihak terkait, baik tingkat Jawa Timur maupun pusat, semoga saja harapan itu bisa terealiassi untuk program jangka panjang Bandara Trunojoyo,”kata Bupati.

Bupati menyatakan, untuk menambah fungsi Bandara Trunojoyo sebagai Bandara pemberangkatan jemaah haji, pihaknya harus menambah panjang landasan pacu bandara, karena panjang landasan pacu saat ini masih belum memenuhi persyaratan.

“Saat ini, panjang landasan pacu Bandara Trunojoyo 1.600 meter, sedangkan untuk bandara pemberangkatan haji, panjang landasan pacunya 2.200 meter,” tegasnya.

Bupati mengungkapkan, pihaknya siap untuk mengembangkan landasan pacu Bandara Trunojoyo, apabila sudah ada kepastian dari pemerintah untuk memberi ijin Bandara Trunojoyo sebagai bandara pemberangkatan jemaah haji.

Yang jelas Pemkab Sumenep siap untuk membebaskan tanah pengembangan landasan pacu, dengan menyiapkan dana pembebasan di Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Sumenep.

“Karena kami kewajibannya hanya pembebasan tanah, sedangkan pembangunan lainnya kewenangan Kementerian Perhubungan,” pungkas Bupati 2 periode ini. ( Yasik/Esha/Fer/toeb )