Perangkat Daerah Dharmasraya Diimbau Berkontribusi Mencapai SDGs

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Kamis, 28 September 2017 | 12:17 WIB - Redaktur: Kusnadi - 549


Dharmasraya, InfoPublik -  Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan, Adlisman, S.Sos, M.Si mengimbau seluruh kepala perangkat daerah agar memberikan kontrbusi dalam pencapaian indikator Sustainable Development Goals (SDGs). Salah satu caranya adalah dengan membenahi data-data pada masing-masing instansi/lembaga.

Pernyataan itu disampaikannya pada saat membuka Seminar Diseminasi Data Strategis di Aula Kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (27/09). Kegiatan yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dharmasraya bersama Pemerintah Kabupaten Dharmasraya ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan memperingati Hari Statistik Nasional Tahun 2017.

Adlisman menambahkan, semangat perayaan HSN sejatinya adalah upaya membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya data statistik di berbagai sendi kehidupan.

“Data memiliki peranan yang sangat vital dalam pembangunan daerah. Data dijadikan pijakan dalam merumuskan perencanaan pembangunan, dijadikan kontrol dalam pelaksanaan serta indikator penentu keberhasilan pembangunan di suatu daerah," ujar Adlisman.

Pepatah mengatakan, sambung Adlisman, bahwa membangun data itu mahal, namun membangun tanpa data itu lebih mahal. Hal ini menunjukkan betapa seriusnya peranan data dalam pembangunan.

“Data statistik memang bukan segala-galanya, namun tanpa data kita akan kehilangan segala-galanya," tambahnya.

Peringatan HSN yang mengusung tema "Kerja Bersama dengan Data", lanjut Adlisman lagi, merupakan seruan bagi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama membangun Indonesia, dengan mengacu kepada statistik sebagai landasannya.

Kerja bersama ini juga sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap kementerian/lembaga termasuk pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk memenuhi indikator SDGs dan mengintegrasikannya dalam berbagai perencanaan program pembangunan dan kebijakan di masing-masing instansi.

Maka dari itu seluruh jajaran pemerintahan terkait diminta untuk dapat mendukung upaya pemenuhan indikator SDGs ini, terutama pengumpulan statistik sektoral oleh K/L dan pemerintah daerah serta statistik dasar oleh BPS.

Dukungan yang diberikan tentu harus sesuai dengan porsi dan kapasitas masing-masing. Ini juga bagian dari langkah pemerintah dalam memperkuat Sistem Statistik Nasional,

Adapun, kegiatan seminar yang dilaksanakan hari ini ditujukan untuk mengedukasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penting dan strategisnya data statistik dalam pelaksanaan pembangunan daerah, terutama pembangunan di Kabupaten Dharmasraya.

Data-data strategis tersebut diantaranya adalah data kemiskinan, data ketenagakerjaan, data indeks pembangunan manusia, data pertumbuhan ekonomi, data ketimpangan (rasio gini), data inflasi dan lain-lain, yang meliputi data statistik sosial dan kependudukan, data ekonomi dan perdagangan serta data pertanian dan pertambangan.

Maka dari itu, demi tercapainya tujuan baik dari kegiatan ini, setiap individu yang hadir dalam seminar ini diharapkan untuk memperhatikan, mencatat dan mendiskusikan hal-hal yang dirasa penting dan bermanfaat demi kebaikan Dharmasraya di masa yang akan datang, tuturnya.

Caranya mudah. Tidak perlu menghafalkan jargon-jargon rumit, tetapi yang lebih penting adalah degan bekerja semaksimal mungkin sesuai tugas dan fungsi masing-masing, mematuhi SOP yang berlaku, serta membangun komunikasi dan kerjasama yang harmonis antar individu dan unit kerja, tandas Adlsiman.(Rrc/McDharmasraya/Kus)