Siak Satu-satunya Daerah Telah Diverifikasi Kabupaten Sehat

:


Oleh Prov. Riau, Kamis, 28 September 2017 | 09:12 WIB - Redaktur: Tobari - 281


Siak, InfoPublik - Kabupaten Siak menjadi satu-satunya daerah kabupaten yang telah diverifikasi Kabupaten Sehat di Provinsi Riau.

Hal tersebut disampaikan ketua tim pembina verifikasi Kabupaten Sehat Kabupaten Siak Yan Prana Jaya usai kunjungan tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat nasional di Kabupaten Siak Tahun 2017, bertempat di Gedung Tengku Mahratu, Selasa (26/9) malam.

Acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten  Siak itu turut dihadiri oleh Wakil Bupati Siak H Alfedri, Ketua tim verifikasi Kabupaten Sehat tingkat nasional Muhammad Udin beserta anggota, Kepala Dinas Kesehatan Tony Candra, unsur Forkopimda, Pimpinan OPD serta pejabat terkait lainnya.

Disebutkan Yan, hal ini berdasarkan surat Mendagri No.440/3821/SD tentang kunjungan lapangan tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat pusat tahun 2017. Kabupaten Siak telah ditetapkan sebagai salah satu kabupaten yang akan dikunjungi oleh tim verifikasi kabupaten/kota sehat tingkat pusat.

Lebih lanjut Kepala Bappeda Siak ini menjelaskan adapun tatanan yang menjadikan Siak Kabupaten Sehat untuk tahap pemantapan, yaitu kawasan pemukiman sarana dan prasarana umum serta kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dengan cakupan di 8 kecamatan, yakni Siak, Mempura, Dayun, Bungaraya,  Sabak Auh, Koto Gasib, Lubuk Dalam, dan Kerinci Kanan.

" Ini merupakan wujud kepedulian dan komitmen kita bersama dalam mewujudkan Kabupaten Sehat di Kabupaten  Siak,"katanya.

Sementara itu, Wabup Siak Alfedri berharap setelah verifikasi ini nantinya akan ada arahan dan masukan kedepan dalam mewujudkan pengelolaan Kabupaten Sehat di Kabupaten Siak.

"Setelah verifikasi kami akan mengupayakan peningkatan berbagai kegiatan menuju Kabupaten Siak menjadi Kabupaten Sehat.Tentunya dengan komitmen pemerintah daerah yang tinggi bahwa untuk mewujudkan Kabupaten Sehat ini bupati Siak secara langsung mengikuti seminar kab sehat ini di Padang ,Sumbar,"paparnya.

Selanjutnya Alfedri menyebutkan bahwasanya jika Kabuapaten Siak lolos verifikasi, pemkab Siak akan tingkatkan tatanan yang  sebelumnya dengan menambahkan tatanan baru yang memang sejalan dengan visi Kabupaten Siak dalam mewujudkan Siak sebagai destinasi wisata.

"Jika lolos verifikasi ini kami mencoba meningkatkan dari 9 tatanan setelah ini, dan ada tatanan berikutnya yakni pariwisata sehat yang sejalan dengan visi Kabupaten Siak yang ingikan menjadi tujuan wisata yang sejalan dengan pariwisata yang sehat,"ungkapnya.(MC Riau/nin/toeb)