Perangkat Daerah se-Dharmasraya Diminta Benahi Data

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Kamis, 28 September 2017 | 01:16 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 503


Dharmasraya, Infopublik - Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Dharmasraya Adlisman, mengingatkan semua Perangkat Daerah (PD) agar lebih teliti dan jeli dalam menganalisis data yang berhubungan dengan bidang kerjanya masing-masing.

Hal itu disampaikannya disaat membuka acara Seminar Diseminasi Data Strategis, bertempat di aula kantor Bupati Dharmasraya, Rabu (27/9).

Adlisman menjelaskan, data memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam menunjang perencanaan pembangunan. Tanpa data yang akurat dan lengkap, maka kegiatan pembangunan akan mengalami salah arah ataupun salah sasaran.

Menurutnya, peringatan HSN bukanlah hari ulang tahun BPS, melainkan hari diundangkannya UU Nomor 7 tahun 1960 tentang statistik. Sehingga HSN bukan hanya milik insan BPS, tetapi milik seluruh bangsa Indonesia.

Oleh karena itu, semua perangkat daerah bertanggungjawab membenahi keabsahan datanya masing-masing, terutama pengumpulan data (statistik) sektoral.

Pada kesempatan lain, Kepala BPS Kabupaten Dharmasraya Chaidirman menuturkan, seminar desiminasi ini dilaksanakan dalam kerangka menyambut Hari Statistik Nasional tahun 2017 dengan tema "Kerja Bersama Dengan Data”.

Kegiatan tersebut terlaksana berkat adanya kerja sama antara Pemerintah Kabupaten Dharmasraya dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Dharmasraya.

Lebih lanjut, Chaidirman menerangkan, dengan adanya kegiatan seperti ini, semoga semua stakeholder mampu berkolaborasi dalam mencetuskan dokumen data yang valid.

Kerja bersama ini juga sangat diperlukan dalam upaya mewujudkan capaian Sustainable Development Goals (SDGs). Setiap kementerian/lembaga termasuk pemerintah daerah memiliki tanggungjawab untuk memenuhi indikator SDGs dan mengintegrasikannya dalam berbagai perencanaan program pembangunan dan kebijakan di masing-masing instansi.

Pembicara selanjutnya adalah Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapppeda) Kabupaten Dharmasraya Paryanto, yang memaparkan tentang strategi pengolahan dan analisa data yang baik. (Hdr/Rrc/MC Dharmasraya)