Fasilitator Diklat Dibekali Kemampuan Diklat Dasar CPNS

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Kamis, 28 September 2017 | 07:34 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 349


Gorontalo, Infopublik - Para fasilitator pelatihan di Badan Pendidikan dan Pelatihan (Badan Diklat) Provinsi Gorontalo menerima pembekalan untuk pelaksanaan diklat Dasar CPNS yang digelar di Aula Badan Diklat, Senin (25/9).

Pelatihan penerapan kebijakan melalui Training of Facilitator (TOF) dengan menghadirkan Kepala PKP2A-II LAN Makassar Muhammad Firdaus ini dibuka oleh Asisten III Huzain Roham dan dihadiri juga oleh Pelaksana Tugas Kaban Diklat Sofian Ibrahim.

Sebagaimana diketahui, diklat prajabatan yang selama ini digelar bagi CPNS telah bertransformasi menjadi Pelatihan Dasar CPNS. Perubahan ini berdasarkan Perka LAN RI Nomor 21 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS golongan III dan Perka LAN RI Nomor 22 tahun 2016 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS Golongan I dan II.

Dengan adanya perubahan ini maka beberapa hal terkait dengan penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS akan mengalami perubahan, dan untuk itu penting untuk melatih calon fasilitator.

“Melalui kegiatan diklat TOF ini, diharapkan para tenaga fasilitator memiliki kemampuan dan persepsi yang sama dalam menyampaikan materi-materi pada pelatihan dasar calon CPNS tersebut sehingga benar-benar mencapai tujuan dan sasaran yang diharapkan,” terang Huzairin.

Lebih lanjut Huzairin mengemukakan, Pelatihan Dasar CPNS sebagai pelatihan yang strategis untuk pembentukan karakter PNS. Termasuk membentuk kemampuan bersikap dan bertindak profesional dalam mengelola tantangan dan masalah keragaman sosial kultural.

“Jika fasilitator diklat memiliki kemampuan yang baik, maka hasil Pelatihan Dasar CPNS nanti juga akan berkualitas. Diklat diharapkan akan membangun integritas moral, kejujuran, semangat, motivasi nasionalisme, dan membentuk karakter PNS yang unggul, bertanggungjawab serta memperkuat profesionalisme,” imbuhnya.

Diklat ini direncanakan akan dilaksanakan selama lima hari dari tanggal 25 sampai 29 September 2017 dengan total peserta sebanyak 29 orang dari Widyaiswara dan Pengelola Badan Pendidikan dan Pelatihan Daerah Provinsi Gorontalo.

Berbagai materi dibahas pada kesempatan ini, termasuk Manajemen Penyelenggaraan Pelatihan Dasar CPNS. Diklat diisi dengan pemberian paparan dan presentasi tentang rincian kegiatan di hari pertama.

Hadir sebagai narasumber dari Kepala PKP2A-II LAN Makassar Dr. Muhammad Firdaus, MBA, dengan materi ceramah Kebijakan Pengembangan SDM Aparatur dan ceramah Kebijakan Pendidikan dan Pelatihan Terintegrasi CPNS. (mcprovgorontalo/humas/ismail)