Hadir di Kota Malang, Menko Kemaritiman Urai Potensi Laut Indonesia

:


Oleh MC Kota Malang, Selasa, 26 September 2017 | 10:04 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 477


Malang, Infopublik - Menurut Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, salah satu kekayaan Indonesia yang sangat besar nilainya adalah kekayaan dari dalam laut. Seperti halnya ikan, mineral, minyak dan sebagainya.

Selama ini, pemetaan dan eksplorasi kekayaan laut ini menurutnya, memang belum optimal dan baru sejak saat ini hal tersebut baru di mulai.

Jika dinilai angka, setidaknya kekayaan laut Indonesia mencapai 1,3 triliun dolar per tahun dan hingga saat ini yang di eskplorasi berkisar antara 8 hingga 9 persen. Ke depan, pemanfaatan sumber dari dalam laut ini akan dioptimalkan lagi, sehingga akan berdampak positif bagi berbagai sektor serta untuk kemakmuran bersama.

Beberapa hal itulah yang disampaikan menteri Luhut setelah menjadi narasumber seminar di Universitas Islam Malang, Senin (25/9). Ditambahkan dia, bahwa Indonesia sangat kaya berbagai sumber daya alam, sehingga sangat disayangkan kalau tidak optimal pemanfaatannya.

Sementara itu, terkait sampah yang selama ini masih sering mengotori laut Indonesia, menurut Luhut pihaknya sudah melakukan pembersihan. Sampah yang diambil dari laut ini pun, juga sudah dimanfaatkan menjadi barang yang bermanfaat, seperti untuk bahan campuran aspal atau diolah menjadi barang lain yang menjadi kebutuhan masyarakat.

Terkait pengelolaan sampah laut ini, terang Luhut, berbagai penghargaan dari luar negeri sering diraih. Hal ini terkait pengelolaan atau daur ulang sampah laut Indonesia sudah sangat baik.

“Dengan demikian, ini tentu akan berdampak positif bagi laut kita, dimana pada akhirnya akan turut menjaga sumber kekayaan yang ada di dalamnya,” jelasnya. (say/ram)