Gempabumi Guncang Kabupaten Lumajang

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 25 September 2017 | 08:52 WIB - Redaktur: Kusnadi - 268


Surabaya, InfoPublik - Gempabumi mengguncang Kabupaten Lumajang pada Minggu (24/9) pukul 17:48 WIB tadi sore. Tepatnya berada di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang dan sekitarnya diguncang dengan gempabumi tektonik. 

Kepala Stasiun Geofisika Klas II Tretes, Suwardi, melalui siaran persnya mengatakan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan gempabumi terjadi berkekuatan M = 3.1 Skala Richter.

Lokasi pusat gempa berada di darat, 33 km arah Baratdaya Kabupaten Lumajang pada koordinat 8.30 LS – 112.98 BT dengan kedalaman 3 km. Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa, penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Lokal. 

Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I – II SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara II – III MMI di Candipuro (Kab. Lumajang), dan daerah di sekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang. 

Berdasarkan informasi dari PUSDALOPS Lumajang, getaran gempabumi dirasakan (I-II SIG BMKG / II-III MMI) di Kecamatan Candipuro Kabupaten Lumajang. 

Terkait dengan peristiwa gempabumi yang baru saja terjadi itu, dikatakan Suwardi, hingga laporan ini disusun pada pukul 18.30 WIB belum ada tercatat aktivitas gempabumi susulan.

 Masyarakat juga diimbau agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yg menyesatkan. Selalu pantau informasi resmi yg disampaikan oleh BMKG.(MC Diskominfo Prov Jatim/non-sti/Kus)