Wakil Bupati Sidoarjo Buka LT II se Kecamatan Tulangan

:


Oleh MC Kabupaten Sidoarjo, Sabtu, 23 September 2017 | 12:32 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Sidoarjo, InfoPublik - Ratusan anggota Pramuka Penggalang tingkat SD/MI dan SMP/MTs negeri/swasta se Kecamatan Tulangan, mengikuti Lomba Tingkat (LT) II di lapangan Desa Kebaron Kecamatan Tulangan. Mereka akan berkemah selama tiga hari di tempat tersebut, dari tanggal 22-24 September .

Kegiatan tersebut diselenggarakan Kwartir Ranting (Kwarran) Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan. Kegiatan LT II dibuka oleh Wakil Bupati Sidoarjo yang juga Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin SH, Jum'at (22/9) sore.

Wakil Bupati Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin mengatakan LT II adalah kegiatan unjuk prestasi anggota Pramuka selama mengikuti latihan di gugus depan. Melalui kegiatan tersebut diharapkan akan menambah ilmu pengetahuan yang tidak pernah didapat dilingkungan sekolah maupun keluarga.

"Lomba Tingkat juga sebagai ajang mengukur prestasi regu kalian selama berlatih secara rutin di gugus depan," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wabup H. Nur Ahmad Syaifuddin meminta peserta LT II untuk memanfaatkan kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. Peserta LT II diharapkan mempergunakan waktu dengan baik dalam mengikuti materi lomba yang telah disiapkan kakak-kakak panitia.

Ia juga meminta kepada kakak-kakak pembina, pendamping dan panitia untuk mendampingi para peserta LT II dengan sabar.

"Berikanlah keterampilan yang sesuai dengan tingkatan anggota pramuka agar apa yang didapat setelah mengikuti Lomba Tingkat II ini dapat bermanfaat bagi diri pribadi dan lingkungannya," pintanya.

Sebelum membuka kegiatan LT II, Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin melantik pengurus Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan di Balai Desa Kebaron. Pelantikan tersebut menetapkan Dra. Harti Siswantini sebagai ketua Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan periode 2017-2022.

Ketua Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo H. Nur Ahmad Syaifuddin berharap pengurus yang baru dapat meningkatkan mutu dan kualitas gerakan Pramuka di wilayahnya.

Ia mengatakan gerakan Pramuka  mempunyai tugas pokok penyelenggaraan pendidikan kepramukaan bagi kaum muda. Melalui gerakan Pramuka akan tumbuh tunas bangsa yang lebih baik, bertanggung jawab serta mampu membina dan mengisi kemerdekaan dengan baik.

Sementara itu Sekretaris Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan Joko Sugianto mengatakan kegiatan LT II kali ini adalah seleksi anggota Pramuka untuk ikut ke LT III.

Peserta LT II terbaik akan mewakili Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan di LT III Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Sidoarjo. Nantinya pemenang LT III tingkat SD akan mendapatkan prioritas memilih sekolah SMP lewat jalur prestasi.

Kak Joko juga mengatakan ada beberapa jenis kegiatan dalam LT II. Seperti lomba mendirikan tenda, tapak kemah, simapore maupun pionering. Ada 20 jenis kegiatan kepramukaan yang dilombakan. "Teknik-teknik kepramukaan yang ada di pendidikan kepramukaan seperti itu semuanya dilombakan disini," ujarnya.

Ia juga mengatakan kegiatan LT II adalah program kerja tahunan dari Kwarran Gerakan Pramuka Kecamatan Tulangan. Tujuannya untuk meningkatkan pengetahuan yang telah diperoleh anggota Pramuka Penggalang di gugus depan. Selain itu kegiatan LT II juga untuk mengukur ilmu kepramukaan peserta didik yang didapat di gugus depan. (sigit/kominfo/toeb)