Dinas Perikanan Berikan Pelatihan Pengolahan Ikan dan Rumput Laut

:


Oleh MC Diskominfo dan Persandian Kab. Buton Utara, Sabtu, 23 September 2017 | 09:21 WIB - Redaktur: Tobari - 535


Kulisusu, InfoPublik - Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara menyelenggarakan pelatihan pengolahan ikan dan rumput laut di hotel Len-lin,  Kulisusu, Jum’at (22/9).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Buton Utara Budianti Kadidaa mengatakan bahwa tujuan dilakukan pelatihan ini untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya ibu rumah tangga, agar memanfaatkan ikan yang ada untuk diolah sehingga bisa menambah penghasilan keluarga.

Dengan menggandeng narasumber dari Konsultan Ahli Pangan Sulawesi Tenggara, ia  berharap produk-produk perikanan yang dihasilkan nantinya  bisa kita jual ke pasaran bukan dalam bentuk basah lagi tetapi kita kelola dalam bentuk lain yang memiliki nilai tambah ekonomi.

"Kita olah bisa menjadi nuget, bakso, maupun dalam bentuk lainnya serta bisa membuat mie rumput laut maupun kue,” ujarnya saat menyampaikan sambutannya di hadapan para peserta yang didominasi oleh kaum ibu.

Tak luput dari perhatian pemerintah daerah, saat ini ternyata pemerintah daerah sangat mengapresiasi dengan banyaknya bentuk pelatihan untuk pengembangan usaha kecil menengah. Apalagi saat ini pemerintah lagi fokus pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Melalui pelatihan tersebut turut hadir bersama Bupati Buton Utara Abu Hasan, ia mengatàkan bahwa kegiatan seperti ini harus dikembangkan terus menerus, karena  salah satu upaya peningkatan kesejahteraan dimulai dari kemauan kita untuk mengembangkan pendapatan keluarga.

Oleh karena itu, Bupati kata Abu Hasan yang juga didampingi oleh ketua tim penggerak PKK Siti Rabiah Abu Hasan memberikan penguatan pemahaman kepada ibu-ibu supaya giat menghasilkan pendapatan setiap hari.

"Untuk bisa mencukupi belanja kita agar tidak defisit  setiap pemenuhan sehari-hari maka ini lah tugas kita dengan mengembangkan usaha produksi,” katanya.

Ke depan, kata bupati, agar setelah mengikuti kegiatan ini sudah harus ada action supaya dibuatkan kelompok usaha untuk dilakukan pembinaan dan bisa diberi stimulan anggaran dalam pengembangannya.

Jumlah peserta kegiatan sebanyak 40 orang yang terdiri dari kelompok nelayan dan ibu-ibu rumah tangga yang kesehariannya membuat kue maupun olahan dari ikan. (MC kab Buton utara/Rajab/toeb)