BPJS Diminta Segera Menyurat Mengenai Kepesertaan BPJS Kesehatan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Sabtu, 23 September 2017 | 09:05 WIB - Redaktur: Tobari - 326


Bone Bolango, InfoPublik – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ishak Ntoma meminta kepada pihak Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Gorontalo untuk segera menyurat ke pemerintah daerah tentang kondisi kekinian maupun terkini kepesertaan BPJS Kesehatan di daerah ini.

“Saya minta BPJS segera menyurat tentang kondisi terkini jumlah kepesertaaan BPJS Kesehatan di Bone Bolango, baik yang masuk dalam Penerima Bantuan Iuran (PBI) maupun yang mandiri,” ujar Sekda Ishak Ntoma pada pertemuan Forum Kemitraan BPJS Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, di ruang kerjanya, Jum’at (22/9).

Karena mengingat begitu banyaknya data yang belum sesuai antara yang di miliki BPJS maupun Dinas teknis.

Selain itu, Sekda Ishak Ntoma berharap kepada pihak BPJS untuk segera melakukan sosialisasi hasil evaluasi tentang jenis penyakit yang banyak dilayaninya di tingkat fasilitas kesehatan (Faskes), baik di dalam FKTP atau FKT Lanjutan, baik dalam layanan rawat jalan ataupun rawat inap.

Karena, menurutnya, kondisi kesehatan masyarakat yang dilayani harus menjadi perhatian bersama Pemda dan BPJS dalam rangka untuk peningkatan derajat kesehatan masyarakat pada umumnya, peningkatan layanan, dan pengurangan keluhan pelanggan di Faskes, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan yang sama, Ishak Ntoma juga berharap kepada dinas terkait, di antaranya Dinas Kesehatan, RSUD Toto Kabila, RSUD Tombulilato, Dinas Sosial, dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), agar dalam waktu dekat ini untuk segera rekonsiliasi dan merumuskan langkah-langkah strategis untuk memutakhirkan data kepesertaan BPJS. 

Kemudian, menyusun kebijakan khusus pelayanan kepesertaan yang belum masuk dalam BPJS dan mandiri, sehingga masalah pelayanan di RSUD bisa diatasi.

Sekda menambahkan bahwa dalam waktu dekat ini juga akan segera dilakukan rapat koordinasi bedah radikal kepesertaan BPJS tingkat Kabupaten Bone Bolango mulai tanggal 1 Oktober 2017 per kecamatan dan desa  sampai seluruh kecamatan selesai. 

“Insya Allah tiap hari kerja satu kecamatan untuk merekonsiliasi data kepesertaan BPJS Kesehatan,”jelas Sekda Ishak Ntoma.(MC Bone Bolango/Humas/Kadir/toeb)