Kodim 0827 Sumenep Putar Film G.30.S/PKI Selama 11 Hari

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Jumat, 22 September 2017 | 16:21 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 286


Sumenep, InfoPublik - Kodim 0827 Sumenep, Provinsi Jawa Timur memutar film Gerakan 30 September/PKI selama 11 hari. Pemutaran perdana Kamis (21/9) di Pondok Pesantren (Ponpes) Mathaliul Anwar, Desa Pangarangan, Kota Sumenep.

Komandan Kodim 0827 Sumenep melalui Kasdim 0827 Sumenep Mayor Arm Budi Susilo Wibowo menyampaikan, film G.30.S/PKI akan diputar di Ponpes, sekolah dan di tengah masyarakat. “Sesuai instruksi pimpinan, sudah kami mulai pagi ini sampai 30 September nanti,” ujar Kasdim, Jumat (22/9).

‎Ia menambahkan ‎pemutaran film ini agar para santri mengetahui sejarah bangsa Indonesia yang melekat sampai saat ini, yaitu pemberontakan G.30.S/PKI dan‎ dalam film ini akan ditayangkan pemberontakan PKI pada tahun 1965.

“Saya harap para santri mengambil sisi positifnya dari film tersebut. Silahkan dilihat dan disimak dengan baik film G.30.S/PKI tersebut,” tegasnya. ‎

Sementara Moh. Syihabudin, Pengajar di Ponpes Mathaliul Anwar dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Kodim 0827 Sumenep yang telah memberikan kesempatan menonton film sejarah pemberontakan G.30.S/PKI, sehingga pihaknya bisa bersama sama memahami dan mengerti sejarah bangsa Indonesia.

“Kami yakin, ke depan TNI bisa mencegah munculnya kembali paham komunis di Indonesia dan berharap kejadian serupa tidak terulang lagi,” ujarnya.

Ia mengaku sangat mengapresiasi kebijakan TNI dan pemerintah memutar kembali film G.30.S/PKI. Pasalnya, dengan melihat tayangan film besutan Arifin C. Nor, generasi muda saat ini menjadi tahu sejarah bangsa.

“Kalau perlu tidak hanya setahun sekali. Saya juga sampaikan kalau perlu tiga bulan sekali film itu diputar, biar anak-anak muda sekarang tahu,”tandas Moh. Syihabuddin‎.

Sedangkan Danramil 0827/01 Kota, Kapten Arh Erlambang mengungkapkan, jika generasi sekarang tidak diputarkan film G.30.S/PKI, apa tahu sejarah bangsa Indonesia.

“Sangat pantas sekali film tersebut diputar, guna diperkenalkan kepada generasi penerus bangsa,” pungkas Danramil Kota.‎ ‎

Turut hadir dalam acara nonton bareng film G.30.S/PKI tersebut Mayor Arm Budi Susilo Wibowo Kasdim 0827 Sumenep, Kapten Arh Erlambang Danramil 0827/01 Kota, Dewan Pengajar Ponpes Mathaliul Anwar, dan para santri Ponpes Mathaliul Anwar. (Nita/Esha/Fer/Elvira)