Banjir Menggenangi Beberapa Wilayah Kota Bengkulu

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Jumat, 22 September 2017 | 15:28 WIB - Redaktur: Tobari - 203


Bengkulu, InfoPublik - Walikota Bengkulu Helmi Hasan mengaku turut prihatin atas musibah banjir yang dialami beberapa warga Kota Bengkulu, Rabu (20/9).

Musibah banjir yang terjadi di beberapa titik wilayah Kota Bengkulu, seperti di lingkar barat, Pagar Dewa, Bumi Ayu, Betungan, Teluk Sepang,  dan Tanjung Agung sejak Rabu, langsung direspon oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

"Sejak Rabu, saya sudah instruksikan agar OPD terkait langsung turun ke lapangan dan menolong warga yang mengalami banjir akibat hujan deras," kata Walikota Helmi Hasan, Kamis (21/9).

Dikatakannya, respon cepat yang dilakukan oleh OPD Pemkot seperti BPBD, Dinkes, Dinas Sosial, Pemadam Bahaya Kebakaran (PBK) yang menolong warga sebagai langkah antisipatif dan koordinatif yang dilakukan sangat tepat.

"BPBD menurunkan 1 unit perahu karet untuk mengevakuasi warga bersama Dinas Sosial, begitu juga dengan Dinas Kesehatan yang siaga 24 jam menyiapkan obat-obatan yang diperlukan warga melalui puskesmas-puskesmas di wilayah titik banjir, serta mulai membuka dapur umum di antaranya di Teluk Sepang," papar Helmi Hasan.

Selain itu, petugas PBK juga terlihat aktif membantu mengevakuasi warga seperti yang terlihat di perumahan Bumi Ayu Residence. "Meskipun curah hujan relatif berkurang pada Kamis ini, namun saya tetap mengimbau agar masyarakat tetap waspada jika terjadi hujan dengan intensitas tinggi," pesannya.

Untuk aparatur kewilayahan seperti camat dan lurah beserta perangkatnya juga diwajibkan untuk senantiasa memantau keadaan di wilayah masing-masing serta melaporkan secara periodik.

Dan untuk mengantisipasi jika terjadinya banjir susulan dan dibutuhkannya respon cepat dari OPD terkait untuk menindaklanjuti permintaan warga, maka Kepala OPD diminta  siaga 24 jam dan sesegera mungkin mengambil langkah penanganan. (rilis/MC Kominfo Kota Bengkulu/toeb).