Ny Syahputri Hefriansyah Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kota Pematangsiantar

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Jumat, 22 September 2017 | 16:51 WIB - Redaktur: Tobari - 436


Pematangsiantar, InfoPublik - Nyonya Syahputri Hefriansyah dilantik sebagai Ketua TP-PKK dan Dekranasda Kota Pematangsiantar oleh Ketua tim penggerak PKK Provsu Ny. H. Evi Diana Erry Nuradi, Jum’at (22/9), menyusul dilantiknya Hefriansyah sebagai Walikota oleh Gubernur Tengku Erry Nuradi pada tanggal 10 Agustus 2017 lalu.

Selain sebagai Ketua Tim Penggerak PKK, ny  dan Syahputri Hefriansyah juga sekaligus dikukuhkan sebagai ketua Dekransda kota Pematangsiantar, yang sebelumnya berstatus pelaksana tugas. Pelantikan dan pengukuhan dilaksanakan di rumah dinas Walikota jalan MH Sitorus.

Dalam sambutan Ny H Evi Diana Erry Nuradi mengatakan, selamat kepada ketua tim penggerak PKK sekaligus ketua Dekranasda kota Pematangsiantar yang baru, semoga selalu dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa, sukses dalam melaksanakan tugas dalam gerakan pemberdayaan kesejahteraan keluarga saerta peran Dekranasda terhadap pengrajin di masa mendatang.

Demikian juga dengan saudara Walikota selaku ketua pembina TP PKK kota agar lebih meningkatkan kepeduliannya terhadap gerakan PKK di daerah ini secara sungguh-sungguh.

Karena TP PKK adalah mitra terdekat dengan pemerintah di berbagai jenjang pemerintahan baik tingkat pusat, Provinsi, Kabupaten/Kota, bahkan sampai di kecamatan dan kelurahan, sebab gerakan PKK merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pembangunan dan pemberdayaan masyarakat atau keluarga.

Sementara Dewan kerajinan Nasional  (Dekranas), disebutnya, merupakan wadah berhimpunnya segenap pemangku kepentingan seni kerajinan di Indonesia.

Terbentuknya dekranas bertujuan untuk menggali, melestarikan dan mengembangkan warisan budaya bangsa serta membinan penemuan dan penggunaan teknologi baru, menajamkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya seni pemerhati kerajinan bagi kehidupan sehari-hari sebagai warga Indonesia.

Untuk memperhatikan dan memperjuangkan kepentingan pengrajin dengan mendorong semangat kewirausahaan mereka, berarti turut juga meningkatkan kualitas dan kreativitas pengrajin dalam rangka meningkatkan daya saing produk-produk industri kerajinan dari luar negeri.

“Kita harus tetap mempromosikan produk hasil kerajinan dalam rangka perluasan pasar dalam negeri dan luar negeri, melalui kegiatan pameran-pameran,” katanya.

Terlebih lagi pada tahun 2018 yang akan datang, Provinsi Sumatera Utara telah ditunjuk oleh badan asosiasi eksportir dan produsen handicraft Indonesia (ASEPHI) menjadi icon INACRAFT ke 20 tahun 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Walikota Hefriansyah, SE. MM, dalam arahannya menegaskan peran TP PKK adalah sebagai organisator, motivator, inovator, katalisator, kominikator dan dinamisator.

Selain itu prioritas program yang perlu diperhatikan antara lain, untuk menunjang pelaksanaan 10 program PKK agar terus digalang kemitraan dengan lembaga lain dunia usaha serta berbagai sektor terus ditingkatkan.

Perhatian utama untuk sistem informasi manajemen PKK yang merupakan tujuan keberhasilan pelaksanaan 10 program pokok PKK, mengembangkan kegiatan dan mengupayakan posyandu model sebagai percontohan di setiap lingkungan kelurahan agar dapat menekan angka kematian ibu dan bayi serta meningkatkan kesehatannya.

Kemudian, sosialisasikan dan gerakkan keluarga sadar gizi (Kadarzi) agar masyarakat paham tentang gizi secara mandiri, pendidikan anak usia dini terus dikembangkan dan perhatikan dalam pendiriannya dengan memperhatikan tempat yang layak dan aman, guru pembimbing/pendidik yang menmadai.

Ny. Syahputri Hefriansyah mengakui, tugas dan amanah yang dititipkan kepadanya dalam menjalankan tugas PKK dan Dekranas, tidak akan dapat dijalankan sendiri tanpa dukungan dari Walikota selaku ketua pembina serta semua pimpinan OPD pemko Pematangsiantar.

Di samping itu Syahputri juga berharap kepada seluruh anggota TP PKK dan Dekranasda Kota Pematangsiantar, Ketua TP PKK kecamatan dan kelurahan dapat membantu dirinya dalam melaksanakan tugas-tugas PKK dan Dekranasda kedepan. Termasuk, seluruh pimpinan OPD juga diminta bantuan dan dukungannya dalam berbagai program.

Tampak hadir Kapolres Pematangsiantar AKBP doddy Hermawan, S.Ik beserta istri, Kajari Ferziansyah Sesunan, SH, MH, Kakan Kemenag  Drs. H. Abdurahman Harahap, MA, Ketua TP PKK Provsu.  Ny. H. Evi Diana Erry Nuradi, mewakili Gubernur Sumut Ir. H. Aspan Sofian, MM.  Staf Ahli, para asiaten, para pimpinan OPD beserta PKK kecamatan dan kelurahan se kota Pematangsiantar. (Humas Pemko Pematangsiantar/toeb)