KLHK Ingatkan Pentingnya Prinsip Pembangunan Berkelanjutan

:


Oleh MC Kabupaten Bone Bolango, Jumat, 22 September 2017 | 06:01 WIB - Redaktur: R. Mustakim - 406


Bone Bolango, Infopublik - Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), melalui Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sulawesi dan Maluku, Darhamsyah, mengingatkan kepada Pemerintah Kabupaten Bone Bolango, akan pentingnya prinsip pembangunan berkelanjutan.

Menurut Darhamsyah, bahwa pembangunan berkelanjutan itu, selain ekonomi tentu saja ada faktor lingkungan dan sosial budaya.

“Untuk itu, harapan kita bagaimana pembangunan berkelanjutan itu berjalan, tetapi lingkungan tetap terjaga, dan sosial budaya tetap dipelihara dan dilestarikan bahkan dihidupkan,” kata Darhamsyah saat diwawancarai usai bersilaturahmi dengan Bupati Bone Bolango Hamim Pou sekaligus jamuan makan malam di restaurant Miranti Indah, Rabu (20/9).

Darhamsyah mengungkapkan, pembangunan berkelanjutan itu, misalnya dari sisi lingkungan bagaimana sawah-sawah di Bone Bolango dibatasi untuk tidak dialihfungsikan, karena sawah itu tidak tergantikan.

“Harus diingat bahwa lahan biasa itu bisa untuk menjadi rumah, tapi lahan yang biasanya untuk rumah, itu tidak begitu mudah untuk dijadikan kembali menjadi sawah,” urainya.

Kemudian dari segi ekonomi, lanjut Darhamsyah, keberadaan toko-toko misalnya ritel-ritel atau eceran-eceran itu harus dibatasi, sehingga toko jualan rakyat itu bisa tetap hidup dan tetap jalan.

“Pada dasarnya keberadaan toko serba ada (toserba) maupun minimart, itu tetap kita perlukan sebagai sarana untuk sebuah kota, tetapi kita juga harus bisa melindungi toko-toko rakyat,” ujarnya.

Oleh karena itu, Darhamsyah memberikan apresiasi terhadap langkah dan kebijakan Bupati Bone Bolango Hamim Pou yang telah membatasi dan tidak memberikan izin terlalu banyak untuk minimart maupun toserba di daerah ini.

“Saya kira kebijakan yang sudah dilakukan oleh pak Bupati Bone Bolango Hamim Pou, itu hal yang positif dan perlu kita apresiasi,” papar Darhamsyah.

Lebih lanjut, Darhamsyah menambahkan kehadirannya di Bone Bolango dan bertemu langsung dengan Bupati Hamim Pou, tidak lain adalah dalam rangka memberikan penguatan-penguatan terhadap pembangunan berkelanjutan yang sudah dimulai dan dilaksanakan dengan baik, serta sudah berjalan dengan baik di Bone Bolango.

Kami melihat ada progres yang signifikan untuk pembangunan berkelanjutan di Bone Bolango. Ini tentu saja sudah ditandai dengan diraihnya anugerah maupun piala Adipura oleh daerah ini.

“Adipura itu hanya simbolnya saja, tapi yang nyata kita lihat di lapangan ada beberapa hal pembangunan-pembangunan berkelanjutan yang membaik di Bone Bolango saat ini di bandingkan di waktu-waktu yang lalu,” katanya.

Darhamsyah menuturkan, hal seperti ini adalah sesuatu yang perlu kita beri penguatan. “Artinya mari kita manfaatkan momentum pembangunan berkelanjutan yang sudah dicanangkan oleh pak Bupati Bone Bolango ini untuk kita pertahankan dan tingkatkan di masa-masa mendatang,” tutupnya. (MC Bone Bolango/Humas/Kadir)