Beberapa Wilayah Di Kota Bengkulu Terendam Banjir Akibat Hujan

:


Oleh MC Kota Bengkulu, Kamis, 21 September 2017 | 11:11 WIB - Redaktur: Tobari - 571


Bengkulu, InfoPublik - Hujan deras yang mengguyur Kota Bengkulu sejak Rabu (20/9) pagi mengakibatkan beberapa wilayah di Kota Bengkulu terendam air bahkan beberapa wilayah terjadi banjir.

"Ada sekitar empat daerah yang terendam banjir, yakni di Pagar Dewa, Betungan, Lingkar Barat, dan Bumi Ayu, serta empat kelurahan yang berpotensi yakni Tanjung Agung, Tanjung Jaya, Rawa Makmur dan Rawa Makmur Permai," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bengkulu, Selupati, ketika dihubungi Rabu (20/9) malam.

Sampai Rabu malam, lanjutnya, BPBD masih mendata ratusan rumah warga Kota Bengkulu yang terendam banjir akibat hujan dengan intensitas tinggi sejak pagi. "Sampai Rabu malam hujan belum berhenti, ketinggian banjir ada yang sudah hampir satu meter," kata Selupati.

Untuk membantu warga, Rabu siang BPBD telah  mengerahkan satu perahu karet beserta sejumlah petugas untuk mengungsikan warga ke tempat yang tidak terendam banjir. 

"Kita belum bisa mendirikan tenda, karena hujan disertai badai masih menerpa Kota Bengkulu, langkah darurat terbaik yakni memindahkan warga ke rumah atau fasilitas publik yang tidak kena banjir," ucap Selupati. 

Untuk sementara, warga disarankan agar menginap di daerah yang aman dari banjir, dan tidak memaksakan diri tetap menempati rumah yang terkena musibah banjir. 

Hal yang sama juga dikatakan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Bengkulu Susilawaty, pihaknya sejak Rabu siang telah turun mengevakuasi ibu hamil yang terperangkap di rumah karena banjir.

"Alhamdulillah pasien di tempat pengungsian sementara sudah dapat diatasi, ibu hamil yang terperangkap di rumahnya di daerah banjir sudah dievakuasi, semoga malam ini tidak hujan lagi,” papar Susilawaty..

Semua puskesmas wilayah kerja yang terkena banjir telah disiagakan obat-obat dan disediakan pos kesehatan serta pengobatan mobile dititik-titik wilayah banjir yang siaga 24 jam.

Sementara itu, Rabu siang Wakil Walikota Bengkulu Patriana Sosialinda juga telah memantau sejumlah lokasi yang tergenang banjir. Di antaranya di Gang Akasia Pagar Dewa, Salah satu perumahan di Betungan, Bumi Ayu dan beberapa lokasi lainnya.

"Kita berinisiatif langsung meninjau titik banjir, karena saya dapat laporan dari staf yang mengatakan beberapa titik pemukiman warga cukup parah," kata Wawali.

 

Wawali juga mengimbau agar masyarakat tetap waspada terhadap masih adanya potensi hujan deras dalam beberapa hari ke depan. (MC Kota Bengkulu/Prenkki/Nugroho/toeb)