Edukasi PBB-BPHTB Kepada Masyarakat Penting

:


Oleh MC Kabupaten Kubu Raya, Rabu, 20 September 2017 | 18:54 WIB - Redaktur: Tobari - 530


Kubu Raya, InfoPublik - Direktur Yayasan Swadaya Dian Khatulistiwa (YSDK) Kalimantan Barat Marcel mengatakan, munculnya ide dan gagasan dalam mengadakan diskusi mengenai pentingnya PBB dan BPHTB, adalah sebagai upaya bersama dalam mempercepat pembangunan Kabupaten Kubu Raya.

"Kita melihat banyak potensi di Kabupaten Kubu Raya dalam peningkatan sektor pajak untuk mendorong peningkatan pendapatan asli daerah,” kata Marcel, saat ditemui pada acara diskusi dalam tema pentingnya PBB, BPHTB dalam konteks program sertefikasi lahan, Selasa (19/9).

Dan kita melakukan diskusi ini, agar kita bersama-sama merumuskan apa-apa saja yamg dapat kita lakukan bersama-sama dalam memaksimalkan PBB dan BPHTB terutama dalam sertifikasi lahan.

Marcel mengharapkan dengan adanya diskusi bersama tersebut dapat semakin meningkatkan PAD Kubu Raya dari sektor Pajak PBB dan BPHTB dengan meningkatkan kesadaran masyarakat dalan membayar PBB.

Untuk itu, dalam diskusi sehari tersebut juga menghadirkan Kepala-kepala Desa, Perekebunan, BPN dan KPP Pratama Mempawah.

"Kita harapkan kedepan kesadaran masyarakat semakin tinggi untuk tertib membayar PBB dan kita juga harapkan agar masyarakat dapat memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik terkait dengan sektor-sektor pajak apa saja yang menjadi kewenangan Pemerintah Kubu Raya, Provinsi dan Pemerintah Pusat," tanya.

Menurut Marcel, kurangnya kesadaran masyarakat untuk bayar PBB dan BPHTB juga sebagian dipengaruhi oleh karena kekurang pahaman. Menurutnya dengan semakin meningkatnya pemahaman dan kesadaran akan semakin dapat mendorong peningkatan PAD dari sektor pajak PBB dan BPHTB. (MC KubuRaya/irdiansyah/toeb)