Sosialisasi Penyusunan Dokumen Rencana Penanggulangan Bencana

:


Oleh MC Kabupaten Parigi Moutong, Rabu, 20 September 2017 | 09:37 WIB - Redaktur: Tobari - 214


Parigi Moutong, InfoPublik - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Parigi Moutong melaksanakan sosialisasi dan internalisasi penyusunan dokumen rencana Penanggulangan Bencana Kabupaten Parigi Moutong Tahun Anggaran 2017.

Kegiatan tersebut, dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Samin Latandu mewakili Bupati Parigi Moutong, bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kantor Bupati Parigi Moutong, Selasa  (19/9).

Samin Latandu mengatakan, menurut Indeks Risiko Bencana Indonesia (IRBI) Kabupaten Parigi Moutong berada di urutan ke-4 tingkat ancaman yang cukup tinggi di Provinsi Sulawesi Tengah, yang disebabkan oleh perubahan iklim, kerusakan lingkungan biogeofisik, degradasi sumber daya alam, dan lingkungan.

Olehnya kegiatan penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana sangatlah dibutuhkan di Kabupaten Parigi Moutong, untuk mendukung Pemkab Parigi Moutong dalam menyiapkan Rencana Penanggulangan Bencana (RPB) sebagai bagian perencanaan pembangunan daerah berdasarkan hasil kajian resiko bencana.

Lebih lanjut Samin latandu mengimbau dengan sosialisasi ini dapat membantu Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dalam melakukan sinkronisasi kebijakan penanggulangan bencana di tingkat nasional hingga daerah.

Serta dapat membantu Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong dalam melakukan perencanaan pembangunan daerah yang terintegrasi dengan penanggulangan bencana.

“Oleh karena itu, saya mengimbau kepada para peserta sosialisasi  agar  dapat  mengikuti kegiatan ini dengan sungguh-sungguh, dan saya harapkan dapat memberikan data serta informasi dalam penyusunan dokumen rencana penanggulangan bencana, agar output dari kegiatan ini benar-benar tepat sasaran dan berhasil guna.  (MC Parigi Moutong/Aco Humas/Nandar/toeb)