Paduan Suara SMAN 2 Borong, Juara Lomba Paduan Suara 2017, Tingkat SMA/SMK/MA

:


Oleh MC Kabupaten Manggarai Timur, Rabu, 20 September 2017 | 10:30 WIB - Redaktur: Kusnadi - 758


Borong, InfoPublik –  Paduan suara SMAN 2 Borong, berhasil menjadi juara lomba paduan suara 2017, tingkat SMA/SMK/MA se-Kabupaten Manggarai Timur. Disusul SMAN 9 di peringkat kedua dan SMAN 4 pada peringkat ketiga. Penampilan enam finalis,  berhasil memukau  juri dan belasan ribu penonton yang memadati pusat kuliner pantai muara Wae Bobo, Borong, Rabu (13/09) pekan lalu.

Bersama lima finalis lainnya, paduan suara SMAN 2 Borong berhasil membawakan lagu-lagu daerah Manggarai secara akapela. T’ior laku kala rana menjadi lagu wajib, dengan lagu pilihan, So inang so amang, Sili Abar dan Benggong. Harmoni suara dan gerak, berhasil menyuguhkan penampilan yang atraktif.

Gemuruh tepuk tangan  dan dukungan belasan ribu penonton, tidak hanya meramaikan suasana, tetapi semakin menghangkatkan aroma persaingan, malam grand final lomba paduan suara tingkat Kabupaten Manggarai Timur.

Penampilan peserta lomba pidato antar SMA/SMK/MA, juga tidak kalah hebohnya. Enam finalis, berhasil menghipnotis penonton. Gagasan yang reflektif dan menggerakkan kesadaran, berhasil ditampilkan para peserta, yang mengusung semangat empat pilar kebangsaan.

Dosen sekaligus penulis, Kanis Barung, mengungkapkan lomba pidato yang digelar Diskominfo Manggarai Timur, menjadi media strategis untuk mengkampanyekan gerakkan literasi kepada generasi muda.

“ Pidato yang baik, hanya bisa dihasilkan kalau kita banyak membaca. Apresiasi setinggi tingginya buat Diskominfo Manggarai Timur, yang  telah mengkampanyekan gerakan literasi bagi generasi muda kita ” ujar Kanis Barung.

Sementara itu, Salah seorang juri lomba paduan suara, Frater Vardi mengaku, setiap tim berhasil membawakan lagu wajib dan pilihan, sesuai dengan notasi lagu yang telah diaransemen oleh tim juri. Sehingga atraksi panggung peserta, menjadi faktor yang sangat mempengaruhi hasil perlombaan.

Kepala Dinas Kominfo Manggarai Timur, Hyro Nawang mengatakan, lomba paduan suara dan pidato, diharapkan mampu mengkampanyekan kekayaan budaya daerah dan semangat kebangsaan kepada generasi muda Manggarai Timur.

“ Masa depan Manggarai Timur dan Indonesia, ada ditangan mereka. Generasi muda kita, hanya butuh ruang untuk menampilkan minat dan bakat mereka. Mudah mudahan langkah kita ini, menjadi investasi untuk masa depan Indonesia “, ujar Hyro Nawang.

Juara pertama, lomba pidato diraih oleh SMAN 9 atas nama Leonora T.Tara, disusul Helena A.Nanga diperingkat kedua, dari SMAK Pancasila dan Maria V. Jemumu dari SMK Cinta Damai yang menempati posisi ketiga. (Manggarai Timur/MC/PATRYS ANGGO/Kus)