Pencanangan Kampung KB Desa Sidulang Laguboti

:


Oleh MC Toba Samosir, Rabu, 20 September 2017 | 07:56 WIB - Redaktur: Kusnadi - 462


Balige,InfoPublik - Kegiatan Kampung Keluarga Berencana (KB) tidak hanya identik dengan penggunaan dan pemasangan kontrasepsi, tetapi menyuarakan suatu program pembangunan terpadu dan terintegrasi  dengan berbagai program pembangunan lainnya.

Hal ini disampaikan Bupati Toba Samosir (Tobasa) Ir, Darwin Siagian dalam sambutannya yang disampaikan oleh Plt.Sekdakab Tobasa Harapan Napitupulu,SH dalam acara pencanangan Kampung KB di Desa Sidulang, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Tobasa, Selasa(19/9).

Menurut Bupati Tobasa, melalui Kampung KB ini dapat dijadikan sebagai wahana pemberdayaan masyarakat desa.

“Melalui berbagai program yang mengarah pada upaya merubah sikap perilaku dan cara berpikir masyarakat ke arah yang lebih baik, sehingga kampung yang dulunya tertinggal dan terbelakang dapat sejajar dengan kampung-kampung lainnya,” kata Bupati Tobasa.

Di akhir sambutan Plt Sekda Harapan Napitupulu mengingatkan warga Desa Sidulang akan umpasa Harangan si Dulang mai inna hatubuan ni rengge-rengge  yang bermakna bahwa lahan di Sidulang adalah subur dan harus disyukuri.

Hadir dalam acara ini,Ketua DPRD Tobasa yang diwakili Ramli Aruan,Camat Laguboti Dumaria Sinaga dan Uspika, para Kepala/mewakili OPD Tobasa,Kepala Desa/Lurah Se-Kecamatan Laguboti, TP PKK Kecamatan dan desa, dan Tokoh Masyarakat setempat.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Tobasa dr.Pontas Batubara M.Kes melaporkan inti pencanangan Desa Sidulang menjadi Kampung KB selain meningkatkan kesadaran masyarakat tentng pembangunan berwawasan kependudukan, juga menjadikan sinergitas program dari seluruh kantor dan dinas di Kabupaten Tobasa.

Pihak DPRD Tobasa, sebagaimana disampaikan Ramli Aruan juga menyambut baik acara yang dilakukan ini. Masyarakat terutama harus merubah karakter yang kurang baik, terlebih kaum bapak yang sering menghabiskan waktu di lapo-lapo (kedai).

Turut mengisi hiburan Tortor Batak dari anak-anak PAUD dan SD N 173560 Sidulang.(McTobasa sar/rik/Kus)