Edukasi Pemilih, KPU Balangan Maksimalkan Peran Rumah Pintar Pemilu

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Selasa, 19 September 2017 | 22:32 WIB - Redaktur: Elvira Inda Sari - 376


Paringin, InfoPublik – Untuk meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan pemahaman yang kongkret tentang pemilu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Balangan Provinsi Kalimantan Selatan terus memaksimalkan peran keberadaan Rumah Pintar Pemilu (RPP).

Ketua KPU Balangan Usman M mengatakan banyak faktor yang menjadikan tingkat partisipasi mengalami tren penurunan, diantaranya adalah kejenuhan masyarakat dengan frekuensi penyelenggaraan pemilu yang tinggi.

"Kemudian ketidakpuasan atas kinerja sistem politik yang tidak memberikan perbaikan kualitas hidup, adanya paham anti demokrasi, dan melemahnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya pemilu," ujarnya.

Oleh karena itu lanjutnya diharapkan dengan adanya RPP ini mampu mengedukasi masyarakat tentang kepemiluan, sehingga masyarakat bisa berpartisipasi, peduli dan terlibat aktif di dalamnya.

Dikatakannya, bahkan 2018 ditargetkan seluruh kecamatan di Bumi Sanggam sudah akan mempunyai RPP. Saat ini, RPP KPU Balangan masih berada di tingkat kabupaten, sehingga diperlukan jangkauan lebih dekat agar masyarakat memahami arti hakikat kepemiluan melalui RPP terlebih di kecamatan.

Peran pemerintah Kabupaten Balangan begitu cepat merespon yaitu dengan langsung menganggarkan pembangunan RPP di tingkat kecamatan ini melalui APBD Murni di 2018. Usman membenarkan bahwa anggaran untuk pembuatan RPP tingkat kecamatan sudah dianggarkan, namun realisasinya akan dilakukan pada tahun 2018.

Lebih lanjut diungkapkannya, untuk jumlah anggaran tersebut adalah Rp160 juta, dimana per kecamatannya mendapatkan alokasi Rp20 juta.

"Ini suatu langkah cepat yang sangat baik, Pemkab Balangan merespon cepat, dan memang itu lebih baik," ujarnya.

Pembangunan RPP tingkat kecamatan bukan tanpa alasan, berupaya meningkatkan partisipasi pemilih dan memberikan pemahaman yang kongkret tentang pemilu adalah alasan utama hadirnya RPP.

Bahkan rencana pembangunan RPP tak akan berhenti ditingkat kecamatan saja, KPU Balangan juga akan menargetkan RPP ini akan ada di setiap desa, namun untuk mengawali itu satu desa akan ditarget terlebih dulu sebagai pilot project.

"Tak menutup kemungkinan, desa juga nanti akan ada RPP, paling tidak satu desa dulu nanti," ujarnya.

Jika RPP tingkat desa ini terealisasi maka Kabupaten Balangan akan menjadi daerah satu-satunya di Indonesia yang mempunyai RPP tingkat desa. (MC Balangan/Elhami/elvira)