KPU Balangan Mulai Lakukan Persiapan Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019

:


Oleh MC Kabupaten Balangan, Selasa, 19 September 2017 | 21:00 WIB - Redaktur: Tobari - 278


Paringin, InfoPublik - KPU Kabupaten Balangan mulai mempersiapkan gelaran pemilu legislatif dan pilpres pada tahun 2019 nanti. Meski pelaksanaannya masih lama, tapi persiapan awal sudah dilakukan seperti menyusun jadwal dan agenda sesuai dengan peraturan Komisi Pemilihan Umum Republik Indonesia nomor 7 tahun 2017.

Dalam peraturan tersebut berisikan tahapan, program dan jadwal penyelenggaraan pemilihan umum tahun 2019.

Ketua KPU Balangan Usman M mengatakan sesuai jadwal yang sudah ada, pada tanggal 1 Oktober 2017 pengumuman pendaftaran partai politik akan dibuka, selain itu juga penyerahan syarat pendaftaran serta penerimaan kelengkapan dokumen persyaratan.

Di tanggal 3 Oktober pendaftaran partai politik dan penyerahan syarat pendaftaran oleh partai politik ke KPU, kemudian penerimaan salinan bukti keanggotaan partai politik oleh KPU/KIP kabupaten/kota. "Lanjut tanggal 17 Oktober penelitian administrasi oleh KPU," ujarnya, Selasa (19/9).

Lalu pada tanggal 16 November penyampaian hasil penelitian administrasi, tanggal 18 November perbaikan administrasi oleh partai politik, 2 Desember penelitian administrasi hasil perbaikan.

"Tanggal 12 Desember penyampaian hasil penelitian administrasi perbaian kepada KPU provinsi dan pimpinan partai politik tingkat pusat," katanya.

Pada tanggal 15 Desember dilakukan verifikasi faktuan kepengurusan tingkat pusat, 22 Desember penyampaian hasil verifikasi faktual kepengurusan, 24 Desember perbaikan terhadap hasil verifikasi faktual oleh partai politik dan tanggal 29 Desember verifikasi faktual hasil perbaikan.

"Itulah jadwal untuk beberapa bulan di tahun 2017 yang akan dilaksanakan oleh KPU Balangan," katanya. (MC Balangan/Elhami/toeb)