ITdBI 2017 Akan Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Banyuwangi

:


Oleh Untung S, Selasa, 19 September 2017 | 08:09 WIB - Redaktur: Juli - 309


Jakarta, InfoPublik - Kementerian Pariwisata mendukung penyelenggaraan International Tour de Banyuwangi Ijen (ITdBI) yang akan diselenggarakan pada 26-30 September 2017. Event ke-6 kalinya ini menjadi salah satu penggerak kunjungan wisatawan ke Banyuwangi. 

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, efek ekonomi pariwisata langsung dari penyelenggaraan event ITdBI 2017 antara lain hotel menjadi penuh karena ratusan peserta terdiri para pembalap berikut rombongannya dari puluhan negara dan  para penggemar olahraga balap sepeda  datang dan menginap di hotel serta membelanjakan uangnya di sana.

“Gencarnya pemberitaan media terhadap even ITdBI menjadi  promosi yang efektif sehingga mendongkrak pariwisata Banyuwangi yang  tahun 2016 dikunjungi 77 ribu wisatawan mancanegara (wisman) dan 4 juta wisatawan nusantara (wisnus). Capain ini dua kali lipat dari target yang direncanakan,” kata Menpar Arief Yahya didampingi Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam jumpa pers ITdBI 2017   di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, kantor Kemenpar, Senin (18/9) malam.   

Menpar Arief Yahya mejelaskan, event ITdBI  2017  yang diikuti 20 tim dari 29 negara memberikan dampak langsung  pada meningkatnya kunjungan wisman ke Indonesia yang tahun ini mentargetkan 15 juta wisman dan 265 juta pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) di Tanah Air. “Sebanyak 20 tim dari 29 negara akan membelanjakan uangnya selama berada di Banyuwangi dan diterima langsung oleh masyarakat setempat,” kata Menpar Arief Yahya. 

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan,  20 tim balap sepeda dari 29 negara itu, antara lain Iran, Jepang, Korea Selatan, Afrika Selatan, dan Eritria. Selain itu dari Prancis, Italia, Belanda, Rusia, Irlandia, Swiss, Jerman, Australia, Kolombia, dan New Zealand.  "ITdBI menjadi salah satu ajang sport tourism yang spesial bagi Banyuwangi sebagai sarana promosi  pariwisata yang efektif di dalam negeri dan mancanegara,” kata Abdullah Azwar Anas.

Penyelenggaraan event balap sepeda International Tour de Banyuwangi  Ijen (ITdBI) 2017 menjadi sarana efektif  dalam mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Kabupaten Banyuwangi. Penyelenggaraan sport tourism ini memberikan direct impact  ekonomi  pariwisata  bagi masyarakat setempat  serta mempunyai media value yang tinggi.  

Menurut Azwar Anas. ITdBI diakui Federasi Balap Sepeda Dunia (UCI)  sebagai ajang balap sepeda terbaik di Indonesia  dan  telah masuk agenda resmi UCI sejak 2012. “Salama 2 tahun terakhir ini berturut-turut penyelenggaraan ITdBI mendapat predikat excellence  dengan nilai 90 poin dari UCI menjadikan ITdBI masuk dalam tujuh kejuaraan balap sepeda terbaik di Asia, dan terbaik di Indonesia,” kata  Azwar Anas. 

Para pembalap sepeda ITdBI 2017 akan berpacu dalam 4 etape sepanjang 533 KM melewati rute yang menyusuri alam Banyuwangi mulai dari susur sungai dan pantai, melintasi perkebunan, hingga menikmati pusat Kota Banyuwangi. Pada etape ketiga para pebalap akan finish di Gunung Ijen. 

Di etafe ini para pembalap harus unjuk kekuatan dan ketangguhannya dalam  menaklukkan rute tanjakan ekstrem di Lereng Ijen yang memiliki pemandangan alam menjakjubkan. Tanjakan lereng Ijen terkenal sebagai salah satu yang terekstrem di Asia karena ketinggiannya melampaui tanjakan di Genting Highland dalam Tour de Langkawi Malaysia,  berada di atas 1.500 dpl. Tanjakan ekstrim ini menjadi tempat favorit bagi pembalap sepeda dunia bila dapat mentaklukan dan keluar sebagai juara.