Panglima TNI Pimpin Upacara Ziarah Makam Gus Dur

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Senin, 18 September 2017 | 16:32 WIB - Redaktur: Tobari - 1K


Surabaya, InfoPublik - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memimpin seremoni upacara di makam Presiden RI ke-4 Almarhum KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Dalam ziarah, Gatot didampingi Gubernur Jawa Timur H Soekarwo beserta Kasad, Kasal, Kasau, Pangdam V Brawijaya, dan Wakapolda Jatim.

Upacara berlangsung Senin (18/9) selama 10 menit mulai pukul 13.30 WIB dengan diawali penghormatan kepada arwah para pahlawan dipimpin Jenderal Gatot. Lalu dilanjutkan dengan tabur bunga dan doa bersama seluruh pejabat dan seluruh unsur pimpinan TNI.

Dalam kunjungan ziarah makam Gus Dur yang berlokasi di Ponpes Tebu Ireng Jombang, Gatot memberikan apresiasi khusus bagi para santri. "Peran santri sangat besar, terlebih saat perjuangan kemerdekaan Indonesia," jelasnya.

Bahkan, perjuangan kemerdekaan Indonesia tidak hanya jasa dan peran dari tentara namun juga ada kontribusi yang besar dari kalangan pesantren. "Yang merobek bendera Belanda di Hotel Oranye Surabaya siapa? S,antri, bukan tentara. Jadi bisa dibayangkan seberapa besar jasa santri untuk bangsa ini," ungkapnya.

Selain ziarah ke makam Gus Dur,  Panglima TNI sebelumnya juga melakukan ziarah di makam Bung Karno  Blitar. Dalam ziarah di makam Proklamator selaku Presiden Pertama Republik Indonesia tersebut juga digelar prosesi hormat pada arwah pahlawan, tabur bunga dan doa bersama.

Usai melakukan ziarah di dua makam mantan Presiden Republik Indonesia, Panglima TNI bersama dengan Gubernur Jatim dan jajaran melanjutkan perjalanan menuju Lanudal Juanda Surabaya.  Jenderal Gatot melanjutkan perjalanan menuju ke Lanud Adi Sumarmo Solo untuk kegiatan selanjutnya. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-afr/toeb)