Mendikbud Ingatkan Jangan Sampai Ada Siswa Tak Hafal Lagu Indonesia Raya

:


Oleh Astra Desita, Senin, 18 September 2017 | 14:09 WIB - Redaktur: Juli - 415


Jakarta, InfoPublik  - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendy mengingatkan agar jangan sampai ada siswa yang tak hafal lagu kebangsaan Indonesia Raya. Hal itu disampaikannya saat menjadi pembina upacara di SMKN 6 Jakarta Selatan, Senin (18/9).

Upacara berlangsung dengan hikmat. Dalam kesempatan itu, siswa SMKN 6 Jakarta menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' tiga stanza saat menaikkan bendera Merah-Putih. "Lagu 'Indonesia Raya' itu (memang) aslinya itu tiga stanza, jadi yang dinyanyikan sehari-hari resmi itu hanya satu stanza saja, sepertiga," tutur Muhadjir.

Mendikbud mengimbau siswa jangan sampai ada yang tidak hafal lagu 'Indonesia Raya' 3 stanza. Menurutnya, sekolah harus membiasakan siswa menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' dengan 3 stanza. "Jangan sampai ada siswa yang tidak hafal lagu 'Indonesia Raya' 3 stanza itu," tegas Mendikbud.

Menurut Muhadjir, menyanyikan lagu 'Indonesia Raya' 3 stanza merupakan salah satu pendidikan karakter. Sehingga nantinya siswa menjadi pribadi yang nasionalis dan cinta Indonesia.

"Ini adalah salah satu rangkaian dalam pendidikan karakter, karakter nasionalisme, karakter cinta Tanah Air, terpanggil untuk bela negara menjadi anak Indonesia yang punya tanggung jawab untuk Indonesia masa depan," pungkas Muhadjir.