Membangun Masyarakat Tangguh Bersama PMI

:


Oleh MC Kota Palangka Raya, Senin, 18 September 2017 | 08:24 WIB - Redaktur: Kusnadi - 216


Palangka Raya, InfoPublik - Kiprah dan dedikasi relawan Palang Merah Indonesia (PMI) sudah tidak diragukan lagi dalam memberikan pelayanan bidang kemanusiaan tanpa pamrih.

Sebagai lembaga sosial, PMI terus memberikan pertolongan tanpa mengenal waktu dan tempat. Hanya saja di usianya ke-72, PMI masih punya tugas besar untuk memerdekakan seluruh rakyat Indonesia terbebas dari semua persoalan bencana.

Tugas besar PMI ini adalah mengumandangkan seruan merdeka. Merdeka dari bencana, merdeka dari masalah kesehatan, dan merdeka dari masalah sosial.

Ke-3 seruan merdeka ini, menurut Ketua PMI pusat yang dibacakan Staf Ahli Walikota Palangka Raya, Supriyanto mewakili Walikota Palangka Raya saat upacara peringatan HUT PMI ke-72, Minggu (17/9) harus terus dikumandangkan kepada seluruh rakyat Indonesia.

Meski terus dikumandangkan, namun menurut Supriyanto kenyataannya sampai saat ini kemerdekaan masyarakat masih terhalang oleh berbagai masalah dan peristiwa bencana.

Di mana di beberapa wilayah di tanah air masih banyak wilayah yang terdampak bencana seperti letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kekeringan, kebakaran, dan bencana akibat kemiskinan.

Akibat dari bencana itu masyarakat mengalami kehilangan anggota keluarga, kerabat, harta benda, dan hidup di bawah martabat kemanusian. Sehubungan dengan itu maka bertepatan dengan HUT PMI ke-72 ini maka tema yang diambil adalah 'Membangun Masyarakat Tangguh'. Tema ini dimaksudkan sebagai pendorong.

Supriyanto mengharapkan para relawan PMI sebagai insan perkerja kemanusian untuk terus menerus tanpa mengenal lelah guna membantu dan melayani masyarakat, utamanya dengan melakukan kegiatan pengurangan resiko bencana dan mengantasi masalah sosial serta kesejahteraan masyarakat.

Di sisi lain kesiapan menghadapi dan mengurangi resiko bencana harus menjadi bagian budaya Indonesia agar masyarakat selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat tangguh terhadap bencana yang diakibatkan oleh berbagai peristiwa, kondisi, dan situasi.

Dia menyadari tugas ini tentu tidak mudah. Oleh karenanya PMI terus meningkatkan kerja sama dengan para mitra lintas sektoral untuk membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya pencegahan dan pengurangan bencana secara mandiri dan memperkuat ketahanan sosial masyarakat.

Pada kesematan ini pula atas nama pemerintah Kota Palangka Raya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada pengurus PMI dan sukarelawan yang tanpa lelah membangkitkan tenaga, pikiran, dan waktu untuk melakukan pelayanan kemanusiaan kepada masyarakat dan mewujudkan PMI yang profesioanl, mandiri, dan berkarakter dan dicintai oleh rakyat Indonesia. (MC. Isen Mulang/Kus)