RS Ainun Habibie Operasi Gratis 1.100 penderita Katarak

:


Oleh MC Prov Gorontalo, Minggu, 17 September 2017 | 12:04 WIB - Redaktur: Tobari - 578


Gorontalo, InfoPublik - Rumah Sakit Hasri Ainun Habibie yang berlokasi di Limboto, Kabupaten Gorontalo, kembali melakukan operasi gratis kepada penderita katarak. Rumah Sakit yang saat ini sedang diusulkan untuk menjadi rumah sakit rujukan, melakukan operasi katarak pada 40 pasien di wilayah Gorontalo.

Operasi katarak ini adalah program Gubernur dan Wagub, untuk mengakomodir semua penderita katarak di seluruh wilayah Provinsi Gorontalo.

“Sampai saat ini sudah hampir 1.100 pasien yang telah kami operasi sejak dari RS Ainun Habibie ini​ berdiri, dan kemarin tanggal 15 September kami laksanakan lagi operasi untuk 40 pasien," kata Direktur Utama RS Ainun Habibie dr. Rosina Kiu, yang ditemui usai pelaksanaan operasi katarak, Sabtu (16/9).

Operasi katarak ini, disebutnya, memang telah menjadi unggulan di RS Ainun Habibie. Selain karena sarana prasarana di tempat ini sudah sangat memadai, RS Ainun Habibie sedang diperjuangkan oleh Gubernur Rusli Habibie, untuk segera menjadi rumah sakit rujukan di provinsi bertipe B.

"Jadi memang sarana prasarana disini untuk mata sudah sangat memadai karena memang awalnya sebelum jadi RS Ainun Habibie, ini adalah Klinik Mata Ainun Habibie,” katanya.

Kemudian dengan insiatif langsung dari  gubernur menjadikan klinik ini sebagai Rumah Sakit Ainun Habibie, yang terus diupayakan akan menjadi rumah sakit rujukan di Provinsi Gorontalo.

Rosina juga menjelaskan​ mulai tahun depan RS Ainun Habibie akan melaksanakan 12 kali operasi katarak di setiap bulannya selama setahun dan screening mata dilaksanakan setiap hari kerja mulai dari hari Senin hingga Sabtu.

Tahun depan akan ada 12 kali operasi katarak, yang dilakukan setiap sebulan sekali. Jadi bagi penderita katarak di seluruh wilayah Gorontalo baik bagi pengguna BPJS mandiri maupun BPJS yang disubsidi pemerintah bisa langsung dirujuk ke RS Ainun Habibie secara gratis.

“Nanti juga setelah RS Ainun ini pembangunannya rampung, akan disediakan kamar secara gratis bagi pasien yang kurang mampu. Semua ini upaya kita mendukung program kerja gubernur yang memang mengunggulkan kesehatan gratis," katanya.

RS Ainun Habibie merupakan salah satu program infrastruktur stretagis yang dibangun Gubernur Rusli Habibie dan Wakil Gubernur Idris Rahim. Peralatan rumah sakit ini dinilai cukup canggih, tenaganya profesional, dokter juga lengkap sesuai kebutuhan. (MC Prov Gorontalo/Humas/Ecin/toeb)