Pinrang, InfoPublik - Rombongan 14 Puskesmas dari Tanah Bumbu Kalimantan Selatan melakukan kaji banding Akreditasi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) Puskesmas dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),  di Kabupaten Pinrang, Kamis (15/9).

Rombongan kaji banding ini dipimpin oleh Sekretaris Dinkes setempat dan diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pinrang drg. Dyah Puspita Dewi, M.Kes.

Selanjutnya rombongan yang terdiri dari para Kepala Puskesmas, Bendahara JKN, Kepala Tata Usaha ini mengunjungi Puskesmas Sulili dan didampingi oleh Kepala Bidang Bina Kesehatan Masyarakat (Binkesmas) dr. Amtsyir Muhadi, M.Adm,Kes dan Kabid Pelayanan Kesehatan (Yenkes) H. Muh. Yasin, SKM, M.Kes.

Kadis Kesehatan Dyah Puspita Dewi yang ditemui, Minggu (17/9), mengatakan mereka memilih Kabupaten Pinrang sebagai tujuan kaji banding karena semua Puskesmas sudah terakreditasi BLUD kecuali Puskesmas Leppangang yang baru tahun ini beroperasi.

“Mereka melihat bagaimana sistem manajemen pelayanan, sistem admin manajemen, dan sistem manajemen mutu Puskesmas dalam meraih akreditasi,” ujarnya.

Selain itu, kata Dyah Puspita Dewi, mereka belajar tentang sistem pengelolaan JKN. Rombongan dari tanah Bumbu ini juga melihat Pengelolaan dan Pemanfaatan Dana Kapitasi JKN pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama  milik Pemerintah Daerah yang menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).  (*/MC Pinrang/toeb)