BPBD Bantu Korban Bencana Puting Beliung

:


Oleh MC Kota Pematangsiantar, Jumat, 15 September 2017 | 19:34 WIB - Redaktur: Tobari - 321


Pematangsiantar, InfoPublik – Plt. Sekda Kota Pematangsiantar Drs. Resman Panjaitan didampingi Kalak BPBD Drs. Daniel Siregar, Kabag Humas dan Protokoler Gilbert L Ambarita, SH, Jum’at (15/9) siang, meninjau rumah warga di Kecamatan Siantar Timur yang rusak akibat angin puting beliung yang terjadi Kamis (14/9) sore.

Sebelumnya, Pemko Pematangsiantar melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) yang dikepalai Drs. Daniel Siregar, telah membersihkan beberapa runtuhan pohon dan beberapa pohon tumbang yang menimpa rumah penduduk.

Sekaligus juga mendata kerusakan yang ditimbulkan setelah terjadi puting beliung akibat cuaca ekstrim pada Kamis (14/9) sore yang terjadi di beberapa titik lokasi kecamatan Siantar Timur untuk segera dapat diberikan bantuan.

Saat meninjau rumah boru Sihombing yang rusak dan porak poranda akibat bencana kemarin sore yang luas rumahnya lebih kurang 100 meter persegi, Drs. Resman Panjaitan bersama rombongan mendengar kisah boru Sihombing.

Ia yang berumur sekitar 60 tahun ini, mengisahkan bahwa ketika kejadian dirinya sedang tidak berada di rumah, saat itu dirinya sedang mengikuti acara kegiatan lansia (lanjut Usia).

Hujan deras disertai angin puting beliung  yang menguyur kota mengakibatkan rumah boru Sihombing serta beberapa rumah lainnya mengalami kerusakan.

Usai meninjau lokasi, plt. Sekda segera memerintahkan BPBD pihak kecamatan dan kelurahan agar segara melakukan pendataan bagi para korban untuk selanjutnya mengambil langkah langkah strategis yang berkaitan dengan hal tersebut, dan melaporkan segera kepada Walikota Pematangsiantar.

Berdasarkan data BPBD Siantar sejauh ini, sebanyak 7 rumah mengalami musibah terkena dampak angin puting beliung, di antaranya 6 rumah di jalan renville 
yaitu rumah marga Samosir/boru Sihombing, Sinaga/ boru Purba, Napitu, Sembiring, Umar sinaga, Samsudin, dan 1 rumah di jalan Ahmad Yani yang dijadikan showroom mobil.

Pantauan di lapangan petugas BPBD Kota Siantar diterjunkan kelokasi untuk membantu korban dalam membersihkan sisa sisa kepingan seng serta peralatan rumah lainnya yang rusak. (Humas Pemko Pematangsiantar/toeb).