Disdik Dharmasraya Peduli Pendidikan SAD

:


Oleh MC Kab Dharmasraya, Kamis, 14 September 2017 | 12:16 WIB - Redaktur: Kusnadi - 538


Dharmasraya, InfoPublik – Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya ikut peduli terhadap pendidikan Suku Anak Dalam (SAD)  dengan menggelar kelompok Keaksaraan Fungsional (KF) bagi 40 anggota Suku Anak Dalam (SAD) di Koto Besar, bulan lalu.

Kepala Dinas pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Marius, S.Pd, MM mengungkapkan, kegiatan belajar KF sudah berlangsung lebih kurang satu bulan, diikuti sekitar 40 orang SAD, dari usia anak-anak hingga orang dewasa.

"Kurang lebih sudah empat kali pertemuan, target awal minimal mereka bisa baca dan berhitung,” Ungkap Marius didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Dharmasraya, Reno Lazuardi, S.Pd, M.Si  kepada Singgalang di ruang kerjanya, Rabu (13/9).

Menurut Reno, kegiatan belajar membaca dan berhitung bagi SAD dijadwalkan rutin sekali satu kali seminggu yakni, setiap hari Jumat sore.

“Tenaga pendidik/ tutor KF berasal dari tenaga fungsional di wilayah UPT Pendidikan Kecamatan Koto Besar, antara lain Ediar, S.Pd dan Bustami. Selain itu, Koordinator Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Koto Besar, Idisda, S.PKP juga ikut menjadi instruktur untuk pelajaran keterampilan, utamanya keterampilan bertani dan berkebun. yang memang berinteraksi rutin dengan mereka. Kita juga mengajak sejumlah sekolah yang berada diwilayah sekitar ikut berperan aktif,” terangnya.

Lebih lanjut Reno menjelaskan, untuk memotivasi SAD agar lebih giat mengikuti kegiatan belajar,  Dinas Pendidikan juga menyediakan seragam KF yang cocok bagi mereka.

“Tidak hanya itu, kita juga menyediakan buku dan meja  belajar. Untuk menambah koleksi buku, kedepannya kita akan menggandeng Dinas Perpustakaan Kabupaten Dharmasraya dan pihak-pihak lainnya,” ujar Reno.

Pada kesempatan itu,  Koordinator Badan Penyuluhan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (BP3K) Kecamatan Koto Besar, Idisda, S.PKP yang selama ini aktif mendampingi SAD tersebut mengaku senang dengan adanya kegiatan belajar membaca dan berhitung ini.

"Alhamdulillah Dinas Pendidikan Dharmasraya juga ikut peduli kepada warga SAD. Sampai saat ini, kegiatan belajar berjalan dengan baik, dan warga SAD menampakkan kemajuan,” pangkasnya. (Ron/McKab.Dharmasraya/Kus)