Seorang Tukang Becak Di Sumenep Wakafkan Tanah Untuk Masjid

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Rabu, 13 September 2017 | 16:05 WIB - Redaktur: Tobari - 465


Sumenep, InfoPublik -  Rahmat Saleh (68) salah seorang warga RT 03 RW 02 di Desa Kolor Kecamatan Kota Sumenep, Madura, Jawa Timur, menjadi buah bibir warga sekitar, karena di balik kesederhanaannya, kakek 11 cucu ini mewakafkan salah satu harta berharganya berupa sebidang tanah seluas 453 m² untuk pembangunan masjid.

Kepada wartawan, saat ditemui di rumahnya, pada Selasa (12/9), Rahmat mengaku, sengaja mewakafkan tanah atas nama dirinya itu semata-mata dari kesadaran dan rasa ikhlasnya untuk bisa dimanfaatkan oleh banyak orang.

“Saya menghibahkan tanah ini untuk kepentingan ibadah, dan saya ikhlas semata-mata karena Allah, untuk kepentingan ibadah kepada Allah, bukan niat yang lain,”ungkapnya.

Yang menarik, karena pekerjaan Rahmat sehari-harinya ternyata hanyalah seorang tukang becak, yang ditekuninya sejak usia 26 tahun hingga sekarang, hingga saat ini sudah berusia 68 tahun.

Rahmat mengaku, keputusan mewakafkan sebidang tanah tersebut sudah berdasarkan keikhlasan bersama, antara dirinya, keluarganya, saudaranya, dan anak-anaknya. Karena ke 5 orang anaknya sudah berkeluarga semua, dan juga telah mengikhlaskan tanahnya diamalkan untuk kepentingan umum.

Sedangkan harga tanahnya saat ini ditaksir seharga Rp700 juta, tersebut saat ini sudah dibangun masjid seluas 225 m² dan juga sudah dikelola oleh H. Anwar yang tidak lain takmir di masjid tersebut.

Disamping itu, Rahmat mengaku masih punya niatan lain, yakni ingin menghibahkan tanahnya yang lain untuk tempat pemakaman umum. “Keinginan saya tinggal satu lagi, yaitu untuk mewakafkan tanah untuk pemakaman umum, mudahan-mudahan di sisa umur ini masih dapat melaksanakan,”tambahnya. ( Ren/Esha/Fer/toeb)