Wakil Bupati Sleman Kukuhkan Sentra Genteng di Godean

:


Oleh MC Kabupaten Sleman, Rabu, 13 September 2017 | 09:27 WIB - Redaktur: Kusnadi - 739


Sleman, InfoPublik - Wakil Bupati Sleman, Sri Muslimatun kembali mengukuhkan Sentra Industri Genteng Godean di Desa Margoluwih, Kecamatan Seyegan, pada hari Kamis (7/9). Pengukuhan tersebut merupakan pengukuhan terakhir dari lima pengukuhan sentra industri di Kabupaten Sleman pada periode III ini.

Sri Muslimatun menyampaikan bahwa para pelaku usaha genteng di Desa Margoluwih harus mempunyai manajemen yang baik.

Menurutnya pelaku usaha genteng harus membuat perencanaan yang matang sebelum memulai proses produksi genteng. Hal tersebut menurutnya perlu dilakukan untuk menjaga mutu produk genteng di Desa Margoluwih.

“Jangan seperti manajemen tukang soto. Saya hari ini membuat soto satu kuali, jika tamunya banyak akan saya tambah garamnya, gulanya, airnya. Pasti beda rasanya. Artinya, kita harus punya standar,” ungkap Sri Muslimatun.

Selanjutnya ia mengatakan, pengukuhan tersebut bertujuan untuk mengorganisir para pelaku usaha genteng yang ada di Desa Margoluwih.

Menurutnya, dengan seperti itu, pelaku usaha genteng akan lebih mudah mencari solusi terkait masalah yang dihadapi secara bersama-sama.

“Gunanya disentrakan ini agar semua pengusaha genteng bisa bersatu. Jangan dipasarkan sendiri-sendiri,” kata Sri Muslimatun.

Dikatakan pula olehnya bahwa dengan disentrakannya industri genteng tersebut akan membuat usaha masyarakat Desa Margoluwih tersebut semakin kuat.

“Seperti lidi kalau satu yang susah digunakan, gampang patah. Tapi jika lidi-lidi itu disatukan maka akan kuat dan bisa untuk digunakan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Desa Margoluwih, Sunaryo, mengungkapkan bahwa jumlah pengusaha genteng di Desa Marguluwih tengah mengalami penyusutan.

Ia mengatakan, pada tahun 2007 jumlah pengusaha genteng di Desa Margoluwih mencapai 200 orang.

Namun, menurutnya, para pengusaha tersebut banyak yang telah beralih ke profesi lain.

Salah satu penyebabnya, menurut Kepala Desa Margoluwih tersebut adalah karena adanya persaingan yang kurang sehat antar pengusaha genteng di Desa Margoluwih.

“Ini karena ada pengrusak dari warga kita sendiri. Mereka mendatangkan genteng dari daerah lain yang harganya lebih murah,” jelasnya.

Menanggapi hal tersebut, Sri Muslimatun menegaskan bahwa pengukuhan ini salah satunya bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya hal semacam itu. Dengan bersatunya semua pengusaha genteng di Desa Margoluwih, maka akan ada kesamaan sikap antar pengusaha genteng.

Sri Muslimatun juga mengatakan bahwa para pengusaha genteng di Desa Margoluwih harus selalu mempertahankan mutu genteng. Namun, lanjutnya, genteng tersebut harus dijual dengan harga yang terjangkau.

“Buat apa kita beli yang murah tapi kualitasnya tidak bagus. Maka kita harus mempertahankan kualitas genteng kita, tapi dengan harga yang terjangkau,” tuturnya.(***MC Kab. Sleman/Kus)