Festival Petunra Ramaikan Pekan KIM 2017

:


Oleh MC Provinsi Jawa Timur, Rabu, 13 September 2017 | 08:28 WIB - Redaktur: Tobari - 225


Surabaya, InfoPublik - Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Jatim Eddy Santoso berharap Festival Pertunjukan Rakyat yang digelar untuk meramaikan Pekan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) IX 2017, bisa melestarikan budaya asli Jatim sekaligus sarana efektif untuk menyampaikan informasi. 

"Petunra sangat bagus karena mengangkat cerita sesuai keadaan masyarakat saat ini serta cerita legenda. Banyak pesan moral yang tersirat di dalam setiap cerita," kata Kadis Kominfo Jatim saat pembukaan Festival Petunra 2017, di Candra Wilwatikta Pandaan Pasuruan, Selasa (12/9) malam. 

Menurut Eddy, dengan teknologi internet masyarakat sangat mudah mendapatkan informasi yang bersifat positif maupun negatif. Hal ini pula yang membuat masyarakat khususnya generasi muda semakin banyak yang tidak mengenal budaya asli Jawa Timur.

"Kalau bukan kita, maka siapa lagi yang akan melestarikan seni budaya asli Jawa Timur," ungkapnya. 

Ia berharap, Festival Petunra yang digelar selama empat hari ini bisa menarik minat masyarakat untuk menyaksikan pertunjukan dari kelompok kesenian asal Kabupaten Nganjuk, Kota Surabaya, Kabupaten Jombang, Kabupaten Sumenep, Kabupaten Kediri, Kabupaten Tuban, dan Situbondo.

"Setiap malam mulai pukul 19.00 WIB masyarakat bisa datang untuk menyaksikan Pertura yang digelar sampai tanggal 15 September," tuturnya. 

Lebih lanjut dikatakan Eddy, pemenang Festival Pertura akan mendapatkan beberapa penghargaan.

Untuk penampil terbaik I diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp6 juta, penampil terbaik ll diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp5 juta, penampil terbaik III diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp4 juta, dan penampil Terbaik IV diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp2,5 juta. 

Sedangkan penulis naskah cerita terbaik, diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp1,5 juta, untuk sutradara terbaik diberi piagam penghargaan trophy dan uang pembinaan Rp1,5 juta.

Aktor Pria Terbaik, diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp1,5 juta, dan untuk Aktor Wanita Terbaik, diberi piagam penghargaan, trophy dan uang pembinaan Rp1,5 juta. 

"Hadiah para pemenang akan diserahkan oleh Gubernur Jawa Timur pada penutupan Pekan KIM IX 2017 pada 16 September mendatang," kata Eddy. (MC Diskominfo Prov Jatim/non-hjr/toeb)