TNI AL Gelar Puncak Upacara Peringati Hari Jadinya Ke-72

:


Oleh Yudi Rahmat, Senin, 11 September 2017 | 17:21 WIB - Redaktur: Juli - 449


Jakarta, InfoPublik - TNI Angkatan Laut menggelar upacara militer memperingati puncak Hari Jadinya Ke-72. Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Achmad Taufiqoerrochman  bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) HUT TNI AL di Dermaga Pondok Dayung, Jakarta Utara, Senin(11/9).

Hari jadi TNI AL sebetulnya jatuh pada 10 September 2017, dan  pada peringatannya tahun  ini mengangkat tema “Bersama Rakyat TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Yang Berdaulat, Mandiri Dan Berkepribadian”.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wakasal mengatakan, sebagai komponen utama kekuatan pertahanan negara, yang sadar akan jati dirinya sebagai tentara nasional yang terlahir dari rakyat, TNI AL senantiasa menjunjung tinggi tekad dan komitmennya untuk terus bersama-sama dengan rakyat, berusaha mencegah dan menanggulangi setiap bentuk ancaman yang dapat mengganggu kelancaran, keberhasilan dan kesinambungan jalannya pembangunan nasional.

“Karena itu sangat tepat, pada peringatan hari jadi tahun ini tema yang diambil adalah bersama rakyat, TNI Angkatan Laut siap mewujudkan Indonesia yang berdaulat, mandiri dan berkepribadia," ungkap Kasal.

Lebih lanjut disampaikan dalam amanat Kasal, sejalan dengan visi poros maritim dunia, pemerintah telah menetapkan kebijakan gelar kekuatan TNI yang tersebar di seluruh wilayah negara kesatuan Republik Indonesia. “Kebijakan pemerintah ini ditindaklanjuti TNI dengan menetapkan rencana penguatan kemampuan TNI secara terpadu di pulau-pulau terluar dan strategis," ujarnya.

Pada upacara tersebut dilaksanakan juga penyematan tanda kehormatan “Satyalancana Kesetiaan dan Satyalancana Karya Satya” kepada Prajurit dan Aparatur Sipil Negara (ASN) TNI Angkatan Laut yang berjasa luar biasa menunjukkan kesetiaannya kepada TNI, bangsa dan negara dimana telah melakukan tugas dinas selama 8, 16, 20, dan 24 tahun.

Para penerima anugerah tanda kehormata tersebut yaitu, Kapten (Mar) Darwanto di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 24 tahun, Serma Nav Iswanto di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 16 tahun, Klk Keu M. Mansur di anugerahi Satyalancana Kesetiaan 8 tahun dan Pembina IV/A Fana Kartiko, S.Ag di anugerahi Satyalancana Karya Satya 20 tahun.

Turut hadir pada Peringatan Hari Jati Ke-72 TNI AL Para mantan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) dari masa ke masa diantaranya Laksamana TNI (Purn) Widodo Adi Sutjipto, Laksamana TNI (Purn) Slamet Soebijanto, Laksamana TNI (Purn) Dr. Marsetio, M.M.