ULP Rohul Gunakan Sistem E-Catalogue Cegah Korupsi

:


Oleh Prov. Riau, Jumat, 8 September 2017 | 08:23 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 235


Rokan Hulu,InfoPublik-Pengadaan barang dan jasa di lingkungan pemerintahan Rokan Pemkab Rohul gunakan sistim E-Catalogue dan E-Purchasing, selain untuk tingkatan efisiensi dan efektivitas juga untuk mencegah korupsi.

Bahkan, untuk sistem E-Catalogue dan E-Purchasing juga sudah digunakan Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Rokan Hulu (Rohul). Malahan sistim tersebutsudah disosialisasikan ke Pejabat Pembuat Komitmen dan pejabat pengadaan di seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Rohul, debfan mengundang salah satu vendor situs belanja online terkenal di Indonesia.‎

Dikatakan Kepala Bagian Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Kabupaten Rohul, Syamsul Kamar‎, bahwa penggunaan sistem E-Catalogue dan E-Purchasing sesuai Peraturan Presiden atau Perpres Nomor 4 tahun 2015 Pasal 110 ayat 4..

Namun pada prinsipnya, penggunaan sistem ‎E-Catalogue dan E-Purchasing merupakan salah upaya dilakukan pemerintah dan sebagai indikator pencegahan korupsi.‎

Sistem E-Catalogue kata Samsul, sistem dikembangkan LKPP dan diklaim mampu cegah tatap muka antara pengguna anggaran dengan penyedia yang berpotensi menimbulkan praktik KKN.

Selain mencegah timbulnya deal-deal antara pengguna anggaran dan penyedia, pengadaan melalui ‎E-Catalogue dinilai Iebih cepat dan tepat, tanpa ada proses Ielang.

“Dengan belanja sistem ‎E-Catalogue, proses belanja akan Iebih hemat sehingga efisensi anggaran dan diarahkan untuk kegiatan lain," jelas Syamsul, Kamis (7/9).

Samsul menambahkan, bahwa ada beberapa keuntungan pengadaan barang dan jasa melalui E-Catalague, seperti proses e-katalog Iebih cepat dan tepat, semua informasi soal barang termasuk jenis barang, harga, spesifikasi barang, dan merk sudah tertera jelas dan sudah direkomendasi LKPP, dan Iebih hemat anggaran.

Samsul berhara, PPK dan pejabat pengadaan di seluruh OPD di lingkungan Pemkab Rohul mengetahui teknis dan sistem belanja ekatalog.(MC Riau/sal/eyv)