Peningkatan Kendaraan Bermotor Baru di DKI, Per Hari Mencapai Ribuan

:


Oleh G. Suranto, Rabu, 6 September 2017 | 14:01 WIB - Redaktur: Juli - 178


Jakarta, InfoPublik – Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengatakan Jakarta belum bisa mengontrol jumlah kendaraan bermotor, karena setiap hari peningkatan kendaraan bermotor di Jakarta mencapai ribuan, sedikitnya ada 1.500 motor baru dan 300 roda empat.

“Ini hanya bisa diatasi apabila masyarakat menggunakan transportasi umum. Kita dorong mereka untuk menggunakan transportasi umum, karena kita tidak bisa atasi, kalau satu rumah punya satu, dua atau tiga mobil,” kata Djarot pada acara penandatanganan kesepakatan bersama antara BI dengan Kemenhub, dan kesepakatan bersama antara BPTJ, Pemprov DKI dan seluruh operator moda di Jabodetabek tentang pemgembangan sistem pembayaran transportasi non tunai di JCC Jakarta, Rabu (6/9).

Disebutkan, di tengah-tengah gencarnya pembangunan di Jakarta, maka sistem pembayaran transportasi non tunai ini juga termasuk yang disepakati, karena nanti begitu selesai pembangunan infrastruktur di Jakarta, sistem ini sudah mantap.

“Jadi itulah upaya kita ke depan sebetulnya, agar benar-benar kawasan Jakarta menjadi kawasan yang nyaman, dan macetnya tidak parah. Kita kejar terus untuk penyempurnaan infrastruktur,” ujarnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas dukungan dalam pembangunan flyover, underpass, terutama perlintasan sebidang kereta api.

“Kita memang masih ada titik kemacetan, tapi  tahun 2020 mudah-mudahan kemacetan di Jakarta sudah jauh berkurang, seperti banjir di Jakarta yang sudah berkurang,” ungkapnya.