Padi Varietas Unggul Dikembangkan Di Pinrang

:


Oleh MC Kab. Pinrang, Rabu, 6 September 2017 | 08:27 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 609


Pinrang, InfoPublik -- Pinrang yang dikenal sebagai lumbung padi Nasional terlihat serius dalam meningkatkan hasil produksi pertanian. Ditunjang dengan irigasi yang baik, Pinrang di harapkan mampu mempertahankan predikat lumbung pangan Nasional.

Selain ditunjang dengan Irigasi yang baik, penerapan teknologi pertanian menjadi salah satu faktor utama keberhasilan dalam meningkatkan hasil produksinya salah satunya dengan penggunaan varietas unggul sampai kepada penggunaan mesin panen jenis combine harvester.

Atas dasar itu, Dinas Pertanian dan Hortikultura Kabupaten Pinrang dengan menggandeng Institut Pertanian Bogor (IPB) memulai pengembangan padi varietas unggul yang dikenal dengan nama IPB3S yang di klaim mampu menghasilkan panen sampai 13 ton per hektare nya.

Keseriusan Pemerintah Kabupaten Pinrang dalam mengembangkan varietas ini terlihat ketika Bupati Pinrang Aslam Patonangi beserta Sekretaris Daerah Kabupaten Pinrang menggelar pertemuan bersama kelompok tani Tanete Kecamatan Cempa , yang selama ini merupakan Penangkar Varietas unggul IPB3S, Selasa (5/8).

Karena keunggulan tersebut, Pemerintah Kabupaten Pinrang mulai mengembangkan varietas ini untuk menambah hasil produksi para petani Pinrang. (MC.Pinrang/Humas/eyv)