SMA Negeri 1 Gapura Uji Coba Program Kewirausahaan

:


Oleh MC Kabupaten Sumenep, Selasa, 5 September 2017 | 18:24 WIB - Redaktur: Tobari - 248


Sumenep, InfoPublik -  Penanaman kewirausahaan dan kemandirian tidak hanya dilaksanakan di lembaga pendidikan kejuruan seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), namun di SMA Negeri 1 Gapura, juga dilakukan pembinaan kewirausahaan agar siswanya juga memiliki kemandirian setelah lulus sekolah.

Kepala SMA Negeri 1 Gapura Drs. H. Mohammad Sadik, M.Pd, Selasa (5/9) mengaku, sekolahnya melaksanakan program kewirausahaan ini juga mengacu pada arahan Kementerian Pendidikan dengan sasaran pada siswa baru, yang diharapkan memiliki kemandirian setelah lulus SMA dan tidak mampu melanjutkan ke Perguruan Tinggi.

“Penanaman kemandirian memang penting dilakukan bagi siswa, sehingga nantinya mereka bisa mandiri menggeluti pekerjaan dan tidak harus bergantung terhadap orang lain," ungkapnya.

Dikatakan, dalam pelaksanaannya, program kewirausahaan di sekolahnya dengan memberikan kebebasan kepada masing-masing siswa sesuai bakat. Hanya saja tetap ada pilihan yang disarankan, seperti halnya bidang kerajinan, budidaya, rekayasa serta pengolahan pertanian.

Meskipun diakui kegiatan kewirausahaan ini merupakan yang pertama di Kabupaten Sumenep, karena memang SMA Negeri 1 Gapura yang ditunjuk untuk melaksanakan program nasional dari Kementerian Pendidikan. Namun pihaknya berharap kedepan bisa dilaksanakan oleh sekolah lainnya.

“Yang jelas, kita harapkan program kewirausahaan bagi siswa kami ini akan mampu membentuk wirausaha muda sejak dini,” katanya. ( Ren/Fer/toeb )