Pembangunan Pelabuhan Patimban Segera Dilakukan, Tahap I Pelelangan Oktober 2017

:


Oleh Dian Thenniarti, Rabu, 6 September 2017 | 00:08 WIB - Redaktur: Juli - 431


Jakarta, InfoPublik - Pemerintah melalui Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah menugaskan pelaksanaan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang - Jawa Barat untuk segera dilakukan.

Direktur Kepelabuhanan Ditjen Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Chandra Irawan menyebutkan, hal ini karena Pelabuhan Patimban masuk pada Proyek Strategis Nasional (PSN) yang dipantau langsung oleh Presiden Joko Widodo.

"Oktober tahap I pelelangan dilakukan, maksimal selama tiga bulan. Setelah pelelangan, selanjutnya akan segera dilakukan pembangunan. Konstruksi ditargetkan pada awal tahun 2018 sudah dilaksanakan dan pembangunan tahap I fase satu dapat selesai akhir tahun 2019," jelas Chandra di Jakarta, Selasa (5/9).

Sementara itu, Plt Dirjen Perhubungan Laut Bay M Hasani menambahkan, telah disiapkan tiga tahap pembangunan Pelabuhan Patimban. Untuk tahap I akan dibangun dengan dua fase.

"Untuk fase I akan dimulai awal 2018 dan rampung akhir tahun 2019 dengan anggaran Rp13,7 triliun. Kapasitas tahap I, sebesar 250 ribu teus dan 210 ribu kendaraan CBU dengan menyelesaikan terminal peti kemas, lapangan peti kemas, terminal kendaraan, back up area, akses jalan, dan kedalaman alur serta kolam," jelas Bay.

Sedangkan untuk tahap I fase II akan diselesaikan dengan target tahun 2023 dengan nilai anggaran Rp6,5 triliun. Dengan begitu, tahap I akan menelan biaya Rp20,2 triliun.

Menurut Bay, pembangunan Pelabuhan Patimban ini nantinya dilaksanakan oleh perusahaan pemenang lelang. "Yang membangun bisa satu, dua, bahkan tiga perusahaan dan selanjutnya akan konsorsiumnya untuk pengelolaannya," tutupnya.