Kunjungan Lima Negara Ke Posyandu Lansia

:


Oleh Dinas Kominfo Sijunjung, Selasa, 5 September 2017 | 16:25 WIB - Redaktur: Tobari - 346


Sijunjung, InfoPublik – Rombongan dari lima Negara melakukan kunjungan ke Posyandu Lansia Jorong Koran Nagari Pematang Panjang, yaitu dari Negara Thailand, Filipina, Kenya, Tajikistan, dan Afghanistan, Selasa (5/9).

Kunjungan ke Posyandu Lansia  ini  merupakan kegiatan studi banding, karena mereka tertarik pada  bidang pengelolaan Posyandu Lansia atau Kelompok Usia Lanjut. Peserta di posyandu lansia berjumalah 60 orang dari satu jorong koran dan peserta posyandu lansia berumur 50-90 tahun.

Posyandu lansia bertujuan untuk meningkatkan derejat kesehatan dan mutu kehidupan untuk mencapai masa tua yang bahagia, berguna dalam keluarga dan masyarakat sesuai dengan eksitensinya dalam strata kemasyarakatan.

Pelayanan kesehatan pada posyandu lansia meliputi kesehatan fisik dan mental emosional, dengan KMS mencatat dan memantau untuk mengetahui lebih awal penyakit atau ancaman kesehatan lansia yang mereka hadapi dan sedang berkembang.

Salah seorang dari Negara Thailand, Umaporn Umbrasung, mengatakan bahwa menurutnya, Lansia di Negara kami  hanya menjadi beban negara, tetapi di Indonesia tepatnya di Kabupaten Sijunjung dapat memberikan motivasi kepada masyarakat, khususnya tentang Kesehatan Ibu Dan Anak (KIA). (MC Sijunjung/Dicko/Dwita-kominfo/toeb)