Salat Idul Adha Berlangsung Khusyuk Di Batam

:


Oleh MC Kota Batam, Senin, 4 September 2017 | 09:58 WIB - Redaktur: Eka Yonavilbia - 283


Batam, InfoPublik - Salat Idul Adha di Dataran Engku Putri, Jumat (1/9), berlangsung khusyuk. Setelah salat, Walikota dan Wakil Walikota Batam langsung menuju ke Masjid Raya Batam untuk menyaksikan pemotongan hewan kurban.

Pada Idul Adha kali ini, Walikota Batam, Muhammad Rudi mengqurbankan dua ekor sapi Blasteran Bali. Satu diqurban di Masjid Raya, dan satu ekor di masjid perumahan tempat tinggalnya.

Kepala Bagian Humas dan Protokol Setdako Batam, Ardiwinata mengatakan total 4.459 ekor kurban di seluruh Kota Batam. Terdiri dari tiga ekor kerbau, 878 sapi, dan 3.802 ekor kambing, dengan 9.544 peserta kurban.

"Jumlah hewan qurban tahun ini sedikit turun dibanding 2016. Idul Adha tahun lalu 5.072 ekor, atau turun lebih kurang 12 persen," ujarnya.

Sementara jumlah titik shalat Idul Adha tahun ini sebanyak 486 lokasi. Titik terbanyak di Kecamatan Sagulung 91 tempat. Dan paling sedikit 19 titik di Kecamatan Bulang.

Kamis  Malam, (31/8) juga digelar Pawai Takbir seperti lebaran sebelumnya. Pawai takbir ini diikuti 83 peserta kendaraan hias. Pemenang diumumkan pasca Salat Ied.

Adapun Juara I pawai takbir yaitu Kecamatan Lubukbaja, juara II Kecamatan Nongsa, dan Juara III Kecamatan Batuampar serta juara Harapan I-III berturut-turut Kecamatan Batuampar, Batuaji, dan Sekupang. (MC Batam Kartika/Eyv)